FOLLOW US:


Voli Putra Jatim Kandaskan Perlawanan Yogya

19-09-2016 20:40
Voli Putra Jatim Kandaskan Perlawanan Yogya
PON XIX di Jawa Barat 2016 © ist
Bola.netBola.net - Tim voli putra Jawa Timur (Jatim) melangkah mantap di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX Jawa Barat 2016. Menghadapi Yogyakarta di pertandingan pertama, Senin (19/9) malam di GOR Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Arek-arek Jatim menang dengan skor mantap 3-0 (25-23, 25-16, 25-22)

Jatim melempem pada awal game pertama. Mereka sangat lemah di blok dan receive serve. Tak heran bila Jatim tertinggal 3-8 pada technical time out (TTO) pertama. Permainan Arek-arek Jatim beranjak naik selepas TTO kedua. Sempat tertinggal 12-16, Jatim akhirnya menyamakan kedudukan pada angka 22-22. Set pertama akhirnya menjadi milik Jatim dengan skor 25 23.

Jatim berhasil mempertahankan permainan apiknya pada kuarter kedua. Justru penampilan Yogyakarta lah yang cenderung menurun. Jatim unggul 8-3 dan 16-10 pada TTO pertama dan kedua. Dalam kondisi bugar plus permainan yang konsisten, Jatim mengamankan set kedua dengan skor mencolok 25-16.

Lemah di blok serta receive serve kembali menjadi penyakit Rendy Tamamilang dan kolega pada kuarter ketiga. Kesalahan ini diganjar dengan ketertinggalan 7-8 dan 14-16 pada TTO pertama dan kedua. Setelah menyamakan kedudukan menjadi 18-18, Jatim memenangkan set terakhir dengan skor tipis 25-22.

Pelatih tim putra Jatim, Ibarsjah Djanu menjelaskan bahwa pasukannya tampil grogi, utamanya pada awal-awal set pertama. "Yang kami waspadai setiap awal pertandingan ada grogi. Ini tidak bisa dihindari," jelas Ibarsjah. Inilah alasan utama mengapa Jatim terlambat panas," ulas head coach Surabaya Samator ini.

"Setelah kepercayaannya timbul, akhirnya mereka bisa main bagus," imbuh Ibarsjah. Ibarsjah juga mengebaluai kesalahan-kesalahan elementer seperti serve dan blok.