Namanya Dicatut, Michael Jordan Tuntut Perusahaan Cina

23-02-2012 20:30
Namanya Dicatut, Michael Jordan Tuntut Perusahaan Cina
Salah satu gerai Qiaodan di Cina AFP

Bola.net - Legenda basket Michael Jordan telah melayangkan surat gugatan di RRC terhadap sebuah perusahaan kostum olahraga yang berada di sana. Alasan Michael Jordan menggugat adalah karena perusahaan tersebut telah menggunakan namanya tanpa sepengetahuan dirinya.

Pada hari Kamis (16/2) waktu setempat, Michael Jordan mengadakan jumpa pers mengenai permasalahan ini. Penerima penghargaan Hall of Fame dari The Naismith Memorial Hospital dan mantan pemain klub Chicago Bulls ini menerangkan bahwa Qiaodan Sports, sebuah perusahaan yang berlokasi di selatan provinsi Fujian, telah membangun bisnis serta memproduksi berbagai kostum atas nama Jordan dalam bahasa Cina tanpa seizin dirinya.

"Hal ini sangat mengecewakan diriku untuk melihat bahwa sebuah perusahaan membangun bisnis dari penggunaan ejaan namaku dalam bahasa Cina tanpa seizin diriku, serta menggunakan nomor punggung 23 bahkan hingga berusaha untuk menggunakan nama anakku," ujar Jordan dalam jumpa persnya.

Ia menambahkan bahwa protes ini ia ajukan bukan sebagai alasan untuk mendapatkan uang, tetapi lebih kepada hal-hal yang prinsip dan melindungi namanya.

Para penggila basket di Cina umumnya menyebut nama Jordan dalam bahasa Cina adalah Qiaodan. Merk tersebut didaftarkan di Cina oleh Qiaodan Sports. Menurut pernyataan perusahaan tersebut belum jelas kompensasi seperti apa yang ingin diperoleh Michael Jordan dari perusahaan tersebut

Juru bicara dari Qiaodan Sports berkata bahwa dirinya belum menerima secara detail mengenai rincian kasus tersebut dari bagian legal perusahaan, maka dari itu ia menolak untuk memberikan pernyataan lebih jauh. Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan tersebut telah menjalin kerjasama untuk dengan negara Mongolia, Kazakhstan, dan Turkmenistan dalam event Olimpiade. Sementara itu pada tahun 2010, perusahaan ini telah menjadi sponsor resmi dari Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).   (ary/kny)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Basket

- - -