7 Faktor Yang Mendukung Keyakinan Barcelona

08-03-2010 17:49

 | Lionel Messi

Guardiola harus berpikir lebih keras menghadapi ancaman Real Madrid musim ini (c)Zimbio
Guardiola harus berpikir lebih keras menghadapi ancaman Real Madrid musim ini (c)Zimbio

Bola.net - Akhirnya hari yang dinantikan publik Madrid datang juga pada pekan ke 25. Real Madrid berhasil mengambil tampuk pimpinan klasemen sementara La Liga Spanyol dari tangan Barcelona, setelah pada pertandingan hari Minggu (07/03) kemarin berhasil mengalahkan Sevilla 3-2, sementara Barcelona hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Almeria.

Namun Presiden Barcelona, Joan Laporta, memiliki keyakinan Blaugrana bisa mempertahankan gelar Liga Primera mereka musim ini meskipun kehilangan posisi puncak klasemen kepada Real Madrid untuk pertama kalinya sejak akhir November.

Kedua saingan berat itu punya poin yang sama tetapi Real unggul dalam selisih gol tetapi Laporta menegaskan posisi itu masih berada dalam genggaman Barca dan dia percaya mereka akan menang.

Semestinya Barcelona lebih tangguh musim ini dibandingkan musim lalu, meski tidak ada perubahan besar pada komposisi tim. Data dan fakta yang dikumpulkan sport.es mungkin bisa menambah keyakinan Laporta akan Barcelona untuk meraih gelar Liga Primera musim ini.

Berikut adalah data-data tersebut:

1. Konsistensi Barcelona.

Musim ini Barcelona tampil mengesankan. Dalam 41 pertandingan yang dijalani barcelona di semua ajang musim ini Barcelona hanya menderita kekalahan sebanyak tiga kali. Barcelona memenangkan 73% pertandingannya. Konsistensi Barcelona adalah salah satu modal penting untuk dapat meraih semua titel, seperti yang mereka raih di musim lalu.

2. Perolehan Poin Lebih Tinggi.

Perolehan Barcelona lebih tinggi dibandingkan musim lalu di pekan 25. Hal ini bukan berarti kehebatan mereka musim lalu tidak berarti apa-apa, tetapi efektivitas mereka lebih besar pada musim ini. Musim lalu pada pekan ke 25, Barcelona berhasil mengumpulkan 60 poin setelah menderita dua kekalahan berturut-turut (Espanyol dan Atletico), sedangkan musim ini Barcelona berhasil meraih 62 poin. Lebih tinggi 2 poin!

3. Pertahanan Yang Sangat Kuat.

Performa Victor Valdes dan pemain bertahan Barcelona telah menunjukkan peningkatan yang lebih baik. Mencetak Clean Sheet dalam 13 pertandingan berturut-turut merupakan prestasi tersendiri bagi sektor pertahanan Barcelona yang dikomandoi oleh sang kapten, Carles Puyol

4. Sangat Produktif.

Komposisi Barcelona musim ini mungkin tidak seperti musim lalu, tetapi mereka tetap memiliki kekuatan serangan cukup besar. Dari 41 pertandingan musim ini, Barcelona selalu mencetak gol kecuali pada pertandingan liga melawan Valencia di Mestalla (0-0) dan pada Liga Champions melawan Inter di Giuseppe Meazza (0-0). Messi saat ini menjadi pencetak gol terbanyak di liga dengan 19 gol. Dengan perolehan 89 gol di 41 pertandingannya, Barcelona berhasil mencetak rata-rata lebih dari dua gol per pertandingan.

5. Gaya Permainan Yang Kompak.

Barcelona memiliki banyak pemain dengan gaya menyerang. Sebagian besar pemain Barcelona merupakan hasil binaan sendiri, antara lain Valdes, Puyol, Capdevila, Sergio Busquets, Xavi, Iniesta, Messi dan Pedro. Hal ini sangat berpengaruh pada gaya permainan mereka yang sangat kompak, terlihat dari umpan-umpan cantik satu-dua, silang maupun terobosan yang sering mereka perlihatkan menunjukkan bagaimana para pemain Barcelona sudah saling mengerti pergerakan satu sama lainnya.

6. Ibrahimovic Belum Menampilkan Permainan Terbaiknya.

Ibarat sebuah bom waktu, cepat atau lambat Zlatan akan muncul sebagai pemain hebat di Spanyol seperti saat ia merumput di Italia dan berhasil menjadi pemain terbaik Seri A Italia 2009. Dan ketika hari itu tiba, ia akan menjadi ancaman serius bagi semua lawan Barcelona.

7. Keita dan Abidal Akan Segera Kembali.

Kembalinya Keita sudah dinantikan, ia sedang menunggu pertandingan melawan Valencia untuk merumput kembali, sementara Eric akan harus menunggu dua minggu lagi. Kedua pemain ini sangat penting bagi sektor pertahanan Barcelona.

Ketujuh hal di atas mungkin saja bisa dijadikan modal Barcelona untuk tetap percaya diri bisa mempertahankan gelar juara Liga Primera musim ini, namun tidak bisa dijadikan patokan.

Real Madrid dengan pemain-pemain mega bintangnya merupakan ancaman serius bagi Barcelona musim ini. Cristiano Ronaldo, Kaka, Benzema dan Xabi Alonso bukanlah sekedar pemain-pemain mahal karena bernilai jual tinggi, tetapi juga adalah pemain-pemain berkemampuan di atas rata-rata yang mampu untuk mengubah Real Madrid menjadi tim yang ditakuti oleh lawan-lawannya.

Bahkan Marcello Lippi mengatakan kekagumannya terhadap Real Madrid dan berani bertaruh untuk Real Madrid akan menjuarai Piala Champions musim ini. "Saya bertaruh untuk Real Madrid tahun ini: mereka membeli banyak bintang dan menjadi tim yang sangat bagus" kata sang pelatih Italia. Bagaimana dengan pendapat Anda? (sport.es/jef)



Komentar Pembaca (6 komentar)
Syarif H., purwakarta
18:38 19 April 2010
barca is the best messi pemain paforit saya messi kalahkan semua pemain legenda dan lebihilah gol-gol pemain legenda kamu harus menjadi pencetak gol terbanyak di seluruh dunia,ok'''''''''
ryan, bandung
11:33 17 Maret 2010
barca hebat..gw pikir bakal mampu mempertahankan gelar..
salah satu dr sedikit tim yang masih mampu bermain sebagai "tim" meskipun mempunyai bintang2 hebat macam messi, ibra dll...
GO BARCA...
sam levin, jakarta
15:09 16 Maret 2010
Messi, pemain yg satu ini "gila" abis. gw yakin bgt dia akan trs mencetak gol2 indahnya ke gawang lawan & mbawa Barca jd juara di semua kompetisi......GO BARCA.!!!
widy guilias, medan
16:15 15 Maret 2010
Yuppy.. sudah pasti jawara musim ini adalah barca.
di lihat dari segi menyerang to bertahan semua sdh hampir
sempurna bro..
klu bt madrid si..udh klh di lg cmpion. jd bkn brrti pnya pemain mahal sdh jago..
any way, SALUTE 4 BARCA..
agus, yogya
14:03 15 Maret 2010
Barca memang selalu hebat euy....

LIONEL MESSI: ARTIKEL TERKAIT



ARTIKEL LAINNYA