JAPFA Chess Festival Edisi Ketujuh Siap Bergulir

12-04-2012 15:26
JAPFA Chess Festival Edisi Ketujuh Siap Bergulir
JAPFA Chess Festival, Ajang pembibitan pecatur muda andalan Indonesia © Bola-Esa

Bola.net - Tiga pecatur putri Pelatnas akan menguji kemampuan dengan pecatur Eropa Timur dalam JAPFA Chess Festival 2012, gedung serba guna KONI, Jakarta, 15-21 April.

Tiga pecatur Pelatnas yang sering disebut Dream Girls Indonesia tersebut, adalah MIW Chelsie Monica Sihite (16), MIW Medina Warda Aulia (15) dan Yemi Jelsen (19).

Sementara tiga pecatur Eropa Timur adalah GMW Anna Burtasova (Rusia), GMW Evgeniya Doluhanova (Amenia) dan GMW Anastasia Gutsko (Ukraina). Dari tiga pecatur putri Eropa Timur yang akan turun gelanggang, Anastasia Gutsko menjadi unggulan pertama karena memiliki rating paling tinggi, yakni 2328. Disusul kemudian, Anna Burtasova dengan rating 2271 dan Evgeniya Doluhanova yang memiliki rating 2269.

"Saya sangat senang bisa kembali ke Indonesia. Saya akan membawa pacar supaya dia mengetahui Indonesia. Pujian kawan-kawan tentang bagusnya penyelenggaraan turnamen catur di Indonesia, sudah saya rasakan sendiri. Masyarakat di sini, sangat ramah sekali," terang GMW Anna yang menjadi Master Internasional Wanita pada usia 17 tahun dan menjadi Grand Master Wanita pada usia 22 tahun tersebut kepada Bola.net, di Jakarta, Kamis (12/4).

Kabid Pembinaan dan Prestasi PB Percasi Kristianus Liem menambahkan, pihaknya sengaja mengajukan tiga pecatur putri tersebut lantaran memiliki kesempatan untuk meraih norma Grand Master (GM).

"Setelah turnamen ini, mereka masih punya kesempatan main di tingkat internasional dua kali lagi. Jadi, poin mengejar gelar Grand Master tinggal menunggu waktu," kata Kristianus.

Karena itu, pihaknya berharap para pecatur Pelatnas tersebut bermain maksimal. "Baik saat melawan pecatur asing atau sesama teman sendiri harus garang. Kalau melawan sesama teman sendiri, mereka terkesan sungkan untuk saling mengalahkan. Sehingga, setiap kali bertemu, hasilnya pasti remis. Karena itu, kami minta tunjukkan fighting spirit," tandasnya.

Terpisah, Komisaris PT JAPFA Comfeed Indonesia Tbk, Syamsir Siregar menerangkan, meski merupakan edisi ketujuh JAPFA Chess Festival, namun JAPFA sudah terlibat dalam pembinaan olahraga catur Indonesia sejak dua belas tahun lalu.

"Kami akan terus terlibat terus dalam pembinaan catur Indonesia. Sebab, ini menjadi komitmen kami yang merasa mendapatkan banyak manfaat dari ajang ini," tuntasnya. (esa/end)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.



Lihat Berita Olahraga Lain-Lain

- - -