CARLJENKINSON

Carl Jenkinson
Nama Lengkap : Carl Daniel Jenkinson
Tempat Lahir : Harlow, Inggris
Tanggal Lahir : 08 Februari 1992 (21 Tahun)
Kebangsaan : Inggris
Klub : Arsenal
Posisi : Bek
No Punggung : 25
Tinggi : 185 cm

Karir

  • 2010 - : Eastbourne Borough
  • 2010 - : Welling United
  • 2010 - 2011 : Charlton Athletic
  • 2011 - : Arsenal

Carl Daniel Jenkinson atau yang lebih akrab dengan sapaan Jenkinson adalah pemain sepak bola profesional berdarah Inggris dan Finlandia dan pernah memperkuat tim nasional kedua negara tersebut sejak tahun 2012.

Ia merintis karir sepak bolanya sejak tahun 2007 dengan bergabung dengan klub muda Charlton Athletic hingga tahun 2010. Di tahun 2010, Jenkinson mendapat tempat dan dikontrak di klub senior yang sama. Di musim tersebut dia sempat dipinjamkan ke Welling United dan Eastbourne Borough hingga November 2010.

Jenkinson baru sempat mendapat kesempatan pertama untuk bermain bersama klub di semifinal turnamen Football League Thropy region selatan saat melawan Brentford di stadio Griffin Park pada Desember 2010. Dia bermain selama 90 menit dan ditempatkan di posisi bek kanan oleh sang pelatih.

Ia memutuskan untuk hengkang dari tim berjulukan The Addicks dan resmi bergabung dengan Arsenal pada Juni 2011. Pada tanggal 16 di bulan yang sama, dia berkesempatan untuk bermain di laga debutnya bersama Arsenal, dimainkan babak kedua untuk menggantikan Johan Djorou yang cedera di partai final Kualifikasi Liga Champion melawan Udinese.

Di Liga Premier pertamanya, pemuda kelahiran 8 Februari 1992 ini bermain melawan Liverpool dan ditempatkan di posisi bek kanan. Dia tetap konsisten mempertahankan posisinya sebagai bek kanan di tim, bahkan ketika melawan Manchester United di Old Trafford.

Jenkinson juga pernah bermain duet bersama Robin van Persie dan mencetak gol di babak kedua, walaupun haris berakhir dengan kekalahan telak 2-8 melawan Manchester United. Kekalahan telak itu tidak membuat performa permainan Jenkinson menurun. Ketika dia bermain menggantikan posisi Bacary Sagna, dia mampu bermain dengan sangat baik ketika melawan West Bromwich.

Di beberapa pertandingan selanjutnya, dia mengalami keretakan tulang di bagian punggung bawah yang harus memaksanya untuk vakum sementara sembari menjalani perawatan selama 3 bulan. Setelah pulih dari cederanya, Jenkinson memulai 5 pertandingan pertama di musim 2012-2013 dengan sangat memukau, bahkan ketika melawan Manchester United lagi.

Di penghujung tahun 2012, telah diumumkan bahwa Jenkinson dan beberapa rekan di Arsenal menandatangani kontrak baru bersama The Gunners untuk jangka waktu yang belum belum ditentukan.

Terlahir dari ayah yang berasal Inggris dan ibu dari Finlandia, membuat pemain jangkung ini memiliki kewarganegaraan ganda dan memiliki hak bermain untuk dua negara tersebut di laga internasional.

Awal mulanya, dia bermain bersama punggawa tim nasional U-18 Finlandia yang berkompetisi di turnamen Valentin Granatkin Memorial tahun 2010. Dia sempat bermain selama 3 kali dan dipercaya untuk menjadi kapten bagi tim. Jenkinson juga masih bermain bersama tim nasional Finlandia U-21 di kompetisi Kualifikasi UEFA U-21 pada Juni 2011 yang berakhir dengan skor imbang 0-0 melawan Malta.

Pada Pertengahan Oktober 2012, manajer tim nasional Inggris, Roy Hodgson, mengungkapkan bahwa Jenkinson sudah berlatih bersama rekan-rekan tim nasional Inggris sebelum bertanding melawan Polandia di babak Kualifikasi Piala Dunia. Sang manajer juga menyatakan bahwa Jenkinson sudah bertekad bulat untuk membela tim Inggris dan meninggalkan Finlandia.

Karir senior Jenkinson bersama Timnas Inggris dimulai pada pertengahan November 2012 sebagai pemain pengganti di babak kedua di pertandingan persahabatan melawan Swedia. Pada Oktober 2013, Jenkinson mendapat panggilan untuk memperkuat skuad tim nasional Inggris U-21 di Kualifikasi European Championship melawan Lithuania dan San Marino.

Oleh: Disfira I. A.

Berita Terbaru Carl Jenkinson

Kalahkan City, Jenkinson Yakin Masalah Arsenal Usai

Kalahkan City, Jenkinson Yakin Masalah Arsenal Usai

29-03-2014 18:01

Jenkinson yakin bahwa dengan mengalahkan Manchester City di kandang sendiri akhir pekan ini bakal membuat masalah Arsenal di klasemen selesai.

Bagi Jenkinson, Arsenal Masih Bisa Juara

Bagi Jenkinson, Arsenal Masih Bisa Juara

29-03-2014 17:53

Carl Jenkinson masih memendam keyakinan bahwa Arsenal bisa menjadi juara Premier League musim ini.

Preview: Stoke City vs Arsenal, Menanti Aksi Ozil

Preview: Stoke City vs Arsenal, Menanti Aksi Ozil

28-02-2014 16:35

Manajer Arsenal, Arsene Wenger bakal kembali mengandalkan Mesut Ozil saat bertandang ke markas Stoke City, Sabtu (01/2).

Jenkinson: Bagi Arsenal Trofi Berarti Segalanya

Jenkinson: Bagi Arsenal Trofi Berarti Segalanya

28-02-2014 10:47

Jenkinson menyebut memenangkan trofi akan berarti segalanya bagi seluruh pemain Arsenal di musim ini.

Jenkinson: Arsenal Ikuti Patron Masa Lalu

Jenkinson: Arsenal Ikuti Patron Masa Lalu

27-01-2014 10:09

Jenkinson menyebut bahwa pertahanan Arsenal musim ini tampil bagus atau sama dengan klub di masa jayanya terdahulu.

Jenkinson: Bulan Neraka, Waktu Rehat Jadi Krusial

Jenkinson: Bulan Neraka, Waktu Rehat Jadi Krusial

27-01-2014 09:51

Jenkinson menyebut bahwa menghadapi bulan neraka, Arsenal bakal membutuhkan waktu istirahat yang bagus untuk bisa bermain baik.

Cedera Walcott Buat Jenkinson Bermuram Durja

Cedera Walcott Buat Jenkinson Bermuram Durja

08-01-2014 11:01

Jenkinson merasa sedih rekannya Walcott absen untuk waktu yang lama. Menurutnya, ini merupakan kabar terburuk untuk Arsenal musim ini.

'Usai Cedera, Walcott Akan Lebih Trengginas'

'Usai Cedera, Walcott Akan Lebih Trengginas'

08-01-2014 09:35

Walcott disebut oleh rekan setimnya, Carl Jenkinson, akan lebih ganas usai sembuh dari cedera.

Jenkinson: Kritik Untuk Ramsey Terlalu Sadis

Jenkinson: Kritik Untuk Ramsey Terlalu Sadis

18-12-2013 11:57

Jenkinson mengenang kembali kritikan pedas yang didapatkan oleh Ramsey beberapa tahun terakhir

Jenkinson: Arsenal Bisa Kalahkan Bayern

Jenkinson: Arsenal Bisa Kalahkan Bayern

17-12-2013 02:43

Meski babak 16 besar Liga Champions masih akan dihelat tahun depan, namun bek Arsenal Carl Jenkinson sudah meluncurkan psywar terhadap lawannya. Seperti diketahui, The Gunners akan menantang juara bertahan Bayern Munich kali ini.