Review: Messi Tak Cetak Gol, Barca Ditahan Betis

13-05-2012 05:01

 | Lionel Messi

Review: Messi Tak Cetak Gol, Barca Ditahan Betis
Lionel Messi gagal menambah pundi golnya di laga terakhir © AFP

Bola.net - Barcelona harus puas berbagi angka dengan tuan rumah Real Betis pada laga terakhir La Liga di Estadio Benito Villamarín, Minggu (13/5) yang berakhir imbang 2-2.

Barca seperti biasa memperagakan permainan khas mereka dengan mendominasi penguasaan bola dan mendikte jalannya pertandingan. Dan tak butuh waktu lama bagi tim tamu untuk unggul di pertandingan ini.

Di menit ke-8, Barca berhasil unggul berkat gol yang dicetak Sergio Busquets. Dari jarak dekat, Busquets menyundul bola umpan dari Xavi dan berhasil menjebol sudut kiri bawah gawang tuan rumah.

Berhasil unggul cepat tak membuat La Blaugarana mengendurkan tempo permainan. Namun alur serangan Barca kerap kali kandas di lini tengah, sementara di lini depan, tembakan yang tidak terukur dan performa kiper tuan rumah Castro membuat Barca gagal menambah keunggulan.

Di awal babak pertama, Pedro mempunyai kesempatan yang sayangnya berhasil diantisipas dengan baik oleh Casto di luar garis gawang. Tak lama berselang, Casto juga melakukan penyelamatan penting dengan memotong umpan Lionel Messi kepada Pedro.

Dengan penguasaan bola yang lebih dominan, praktis Barca banyak mendapat peluang di babak pertama ini. Sayangnya tembakan jarak jauh yang dilepaskan oleh Messi dan Xavi masih belum juga menemui sasaran. Kedudukan 1-0 bertahan hingga jeda turun minum.

Di awal babak kedua, Barca dikejutkan dengan kartu kuning kedua yang diterima oleh Dani Alves. Bek asal Brasil itu diusir keluar setelah melakukan pelanggaran kepada Montero. Bermain dengan 10 orang membuat Barca sedikit menurunkan tempo. dan merubah skema permainan. Afellay ditarik keluar untuk digantikan dengan Martin Montoya, sementara Messi sedikit ditarik ke tengah dan meninggalkan Pedro sendirian di depan.

Dengan Barca mengendurkan tempo permainan, Real Betis perlahan keluar menyerang. Di menit ke-68, Nacho mendapat kesempatan bagus untuk bisa mencetak gol, sayang dirinya gagal memaksimalkan peluang meski sudah berhasil merangsek ke dalam kotak penalti Barca.

Setelah lama ditunggu, akhirnya gol penyama kedudukan datang pada menit ke-71. Santa Cruz memberikan umpan melalui sundulan lewat kepala yang mengecoh barisan pertahanan Barca dan membuat Ruben Castro dengan mudah mencungkit bola melewati penjagaan Victor Valdes.

Buruknya koordinasi pertahanan Barca kembali terjadi di menit ke-75 dan berhasil dimaksimalkan oleh Ruben Castro. Lepas dari jebakan offside, Castro yang berdiri tanpa kawalan tak kesulitan menaklukkan Valdes dan membawa timnya berbalik unggul 2-1.

Dalam keadaan tertinggal, Josep Guardiola memasukkan Andres Inesta dan Cristian Tello. Hasilnya cukup efektif, tenaga baru membuat mobilitas permainan Barca kembali hidup. Lionel Messi mendapat kesempatan untuk mencetak golnya ke-51 musim ini melalui eksekusi tendangan bebas di menit akhir pertandingan, namun sayangnya bola hasil tendangan striker asal Argentina ini masih membentur mistar gawang.

Kerja keras Barca untuk mencari gol tak sia-sia, setelah Seydou Keita mencetak gol penyama kedudukan di tambahan waktu babak kedua. Hasil imbang 2-2 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Hasil ini tak berpengaruh kepada peringkat Barcelona di papan klasemen. Sementara torehan imbang ini membuat Real Betis untuk sementara finis di urutan ke-12. Laga La Liga lainnya baru akan digelar pada Minggu (13/5) malam nanti.

Starter Kedua Tim:
Real Betis (4-4-2): Casto; Chica, Paulao, Dorado, Nacho; Benat, Canas, Jefferson Montero, Pozuelo; Jonathan Pereira, Ruben Castro.

Barcelona (4-3-3): Valdes; Alves, Mascherano, Pique, Adriano; Keita, Busquets, Xavi; Pedro, Messi, Afellay.    (bola/mac)

Akses Bola.net melalui http://m.bola.net pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Liga Spanyol

- - -