FOLLOW US:


Akhir 'Kekebalan' 60 Tahun Bolivia di Copa America

19-06-2019 16:29

 | Gia Yuda Pradana

Akhir 'Kekebalan' 60 Tahun Bolivia di Copa America
Marvin Bejarano, Bolivia © AP Photo

Bola.net - Bolivia menyerah 1-3 saat melawan Peru pada pertandingan kedua mereka di Grup A Copa America 2019, Rabu (19/6). Bolivia kalah, padahal mereka mencetak gol terlebih dahulu, dan ini adalah hal yang sangat langka.

Di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, Bolivia membuka keunggulan melalui penalti Marcelo Moreno Martins pada menit 28, tapi akhirnya harus tumbang. Peru membalikkan keadaan melalui gol-gol Paolo Guerrero menit 45, Jefferson Farfan menit 55, dan Edison Flores menit 96.

Bolivia memang tak tergolong jajaran tim elit di Amerika Selatan. Sejauh ini, Bolivia baru pernah sekali menjuarai Copa America, yakni pada edisi 1963 ketika bertindak sebagai tuan rumah.

Namun Bolivia punya sebuah catatan apik di Copa America. Sejak 60 tahun lalu, Bolivia selalu 'kebal' dari kekalahan setiap kali unggul terlebih dahulu dalam setiap pertandingan mereka. Namun catatan apik itu berakhir pada pertandingan kedua di Brasil 2019.

Scroll terus ke bawah.

1 dari 1

Maret 1959

Sebelum ini, terakhir kali Bolivia kalah dalam sebuah pertandingan Copa America setelah mencetak gol pembuka adalah melawan Brasil pada Maret 1959 silam. Waktu itu, Bolivia unggul terlebih dahulu, tapi akhirnya kalah 2-4.

Sejak itu, Bolivia selalu 'kebal' dari kekalahan dalam 18 pertandingan Copa America di mana mereka mencetak gol pembuka. Catatannya adalah sepuluh kali menang dan delapan kali imbang (M10 S8 K0).

Namun 'kekebalan' Bolivia itu berakhir setelah 60 tahun, dengan kekalahan melawan Peru.

Bolivia masih tanpa poin hingga pertandingan kedua Grup A. Sebelum ditekuk Peru, mereka sudah terlebih dahulu dipukul tuan rumah Brasil tiga gol tanpa balas.

Brasil dan Peru sama-sama memiliki empat poin di dua besar. Venezuela memiliki dua poin di posisi tiga. Persaingannya masih cukup terbuka. Sementara itu, Bolivia hanya bisa finis maksimal peringkat tiga.

Pada matchday terakhir Grup A, 23 Juni mendatang, Bolivia akan melawan Venezuela, dan Brasil akan bentrok langsung dengan Peru.