FOLLOW US:


Jalan Panjang Vinicius Agar Bisa Tampil di Timnas Brasil

22-03-2019 11:57
Jalan Panjang Vinicius Agar Bisa Tampil di Timnas Brasil
Vinicius Junior Setelah Gagal Memanfaatkan Peluang Emas © AFP

Bola.net - Vinicius Junior telah menjadi salah satu pemain muda paling bersinar pada musim 2018/19. Dia mampu menembus tim utama tim sebesar Real Madrid. Tapi, jalan Vinicius untuk tampil bersama timnas Brasil masih panjang.

Brasil telah mengumumkan pemain yang dipanggil untuk menjalani laga uji coba melawan Panama dan Republik Ceko. Tidak ada nama Vinicius dalam 23 pemain yang dipilih oleh pelatih Tite untuk dua laga tersebut.

Vinicius memang sedang mengalami cedera dan masih tahap pemulihan. Dia cedera saat Madrid kalah 1-4 dari Ajax (6/3) lalu. Selain karena cedera, Vinicius memang masih belum masuk dalam rencana timnas Brasil.

Simak keterangan timnas Brasil terkait pemanggilan Vinicius selengkapnya di bawah ini.

1 dari 2

Jalan ke Timnas Masih Panjang

Empat gol dan dua assist sudah dicetak oleh Vinicius bersama tim utama Real Madrid sejauh ini. Untuk pemain berusia 18 tahun, catatan tersebut lebih dari bagus. Namun, itu belum juga mengantar Vinicius menuju ke timnas Brasil.

Direktur Olahraga Federasi Sepak Bola Brasil [CBF] Edu Gaspar, mengatakan jika jalan Vinicius untuk bermain di timnas Brasil masih panjang. Pelatih Tite tidak ingin terburu-buru untuk memanggilnya dan menunggu momen yang tepat.

"Semua berjalan cepat dalam karirnya. Mulai dari kontrak di Flamengo, jadi pemain inti, pindah ke Real Madrid dan segera bermain. Semuanya cepat dan di timnas kami ingin mengaturnya sesuai dengan periode waktunya," buka Edu dikutip dari Marca.

"Kami ingin dia bergabung dengan Brasil dan dia terbiasa dengan ini. Kami ingin memberinya waktu bersiap. Saya harap dia berhasil, seperti yang dilakukan sekarang. Saya yakin dia akan berada di sini dan meraih sukses," sambung eks pemain Arsenal.

2 dari 2

Vinicius untuk Copa Amerika?

Bulan Juni 2019 mendatang, Brasil akan menjalani turnamen Piala Amerika. Tentu saja ini sebuah ajang penting bagi Tim Samba. Sebab, mereka akan berebut gelar sebagai timnas terbaik di wilayah Amerika Selatan atau zona CONMEBOL.

Menurut Edu, bukan tidak mungkin bahwa Vinicius akan ambil bagian pada Copa Amerika 2019 bersama Brasil. Tapi, ada satu syarat yang harus dipenuhi oleh pemain 18 tahun. Dia harus mampu tampil konsistensi di sisa musim 2018/19.

"Sekarang kami harus menunggu agar dia kembali dari cedera dan melihat level di level mana dia berada. Ada pemain yang melewati momen spektakuler. Kami harus bersama-sama untuk jadi lebih kuat. Kami memikirkan itu dan kami akan lihat seperti apa," tandas Edu.

Selain tampil konsisten, Vinicius juga harus bersaing dengan sejumlah nama lain untuk bisa masuk timnas Brasil. Ada nama pemain top seperti Roberto Firmino, Gabriel Jesus, David Neres, Everton hingga Richarlison yang jadi pilar timnas Brasil.