FOLLOW US:


Putus! Robinho Batal Gabung Santos Dengan Gaji Rp3.9 Juta Karena Kasus Pemerkosaan

17-10-2020 16:43

 | Asad Arifin

Putus! Robinho Batal Gabung Santos Dengan Gaji Rp3.9 Juta Karena Kasus Pemerkosaan
Robinho © AFP

Bola.net - Kepindahan Robinho ke Santos telah dibatalkan. Kedua belah pihak telah sepakat untuk membatalkan kontrak lantaran Robinho dianggap pernah terlibat kasus pemerkosaan di Italia.

Transfer Robinho ke Santos telah membuat heboh. Sebab, mantan pemain Manchester City itu mendapat gaji dalam jumlah yang sangat rendah dari klub asal Brasil.

Robinho hanya mendapatkan gaji 1.500 real Brasil atau 207 pounds per bulan. Nilai itu berada pada kisaran Rp3.9 juta. Pemain 36 tahun bersedia menerima kontrak rendah karena kondisi klub yang kesulitan.

Bagi Robinho, kepindahan ke Santos kali ini menjadi yang keempat dalam karirnya. Sebelum meneken kontrak dengan Santos, Robinho bermain bersama Istanbul Basaksehir dalam dua musim terakhir.

1 dari 3

Robinho Batalkan Kontrak dengan Santos

Robinho Batalkan Kontrak dengan Santos
Robinho © AFP

Robinho baru satu pekan diumumkan sebagai pemain baru Santos. Dia meneken kontrak pada 10 Oktober yang lalu. Akan tetapi, eks bintang Real Madrid telah sepakat untuk memutus kontraknya di Santos.

Dilansir dari situs resmi Santos, pihak klub ingin Robinho lebih dulu merampungkan kasus hukum yang membelitnya. Robinho kini terlibat dugaan pemerkosaan di Italia.

"Sehingga sang pemain dapat berkonsentrasi secara eksklusif pada upaya pembelaan dalam proses yang berjalan di Italia," tulis situs resmi Santos.

2 dari 3

Faktor Sponsor?

Sementara, sumber lain menyebut jika diputusnya kontrak Robinho tak lepas dari permintaan sponsor klub. Santos kini disponsori Orthopride, sebuah perusahaan penyediaan layanan kesehatan gigi.

Orthopride tidak ingin citra mereka rusak karena kasus yang kini membelit Robinho. Sedangkan, pihak Santos sangat membutuhkan dana dari sponsor karena keuangan klub sedang sulit lantaran Covid-19.

Robinho dinyatakan bersalah oleh pengadilan di Italia pada 2017 lalu. Ketika itu, dia mendapat hukuman 9 tahun penjaga karena kasus dugaan pemerkosaan yang dilakukan pada 2013.

Robinho belum menjalankan hukuman itu. Sebab, saat hakim membuat keputusan, Robinho tengah berada di Brasil. Sementara, tidak ada aturan hukum yang memungkinkan bagi pengadilan di Italia untuk mengekstradisi Robinho dari Brasil.

3 dari 3

Karir Robinho

Karir Robinho
Robinho © AFP

Saat Barcelona mulai berjaya dengan Lionel Messi-nya, pada awal 2000-an, Real Madrid bersaing dengan membeli Robinho. Real Madrid membelinya dari Santos pada 2005 lalu.

Real Madrid harus membayar 24 juta euro untuk mendapatkan jasa Robinho. Pada tahun itu, harga jual Robinho sangat mahal. Sang pemain pun tampil cukup baik dan mampu menembus tim utama Madrid.

Namun, Robinho hanya tiga musim membela Real Madrid. Pemain yang sempat dijuluki 'The New Pele' itu kemudian pindah ke Manchester City pada awal musim 2008/2009 dengan harga 42 juta euro.

Robinho menjadi bagian dari awal ambisi besar Man City. Pemain asal Brasil menikmati gelimang uang yang digelontor Sheikh Mansour kepada Man City. Dia mendapat gaji yang besar.

Man City membayar Robinho dengan nilai 160 ribu pounds per pekan. Jika memakai kurs saat ini, maka gaji yang didapat Robinho mencapai Rp3 miliar per pekan. Gaji yang luar bisa pada musim 2008/2009.

Namun, Robinho gagal bersinar di Man City. Karirnya menurun dan kemudian kembali ke Santos. Pada 2010, Robinho pindah ke AC Milan dan berupaya keras mendapatkan kembali performa terbaiknya.

Robinho bermain untuk klub Turki dalam empat musim terakhir. Dua musim di Sivaspor dan dua musim di Istanbul Basaksehir. Pada akhir musim 2019/2020, Basaksehir memilih untuk tidak memberikan kontrak baru pada Robinho.

Sumber: Santos