FOLLOW US:


Sejarah Baru, Timnas Filipina Lolos ke Piala Asia 2019

28-03-2018 10:27
Sejarah Baru, Timnas Filipina Lolos ke Piala Asia 2019
Timnas Filipina © AFC

Bola.net - Timnas Filipina memastikan diri mengikuti turnamen Piala Asia 2019 yang akan berlangsung di Uni Emirat Arab. Kepastian itu didapatkan setelah Filipina mengalahkan Tajikistan dengan skor 2-1. Kelolosan ke putaran final ini sekaligus menjadi sejarah baru bagi tim berjuluk The Azkals tersebut.

Sebelum pertandingan menghadapi Tajikistan, The Azkals sebenarnya hanya butuh hasil imbang untuk lolos ke Piala Asia 2019. Namun, Philip Younghusband dkk. justru menang. Imbasnya, mereka menduduki puncak klasemen dengan koleksi poin 12, hasil enam pertandingan.

Posisi puncak klasemen Grup F sekaligus tiket ke putaran final tak tergoyahkan meski Yaman dan Nepal masih menyisakan satu duel lagi. Seandainya Yaman menang, tambahan tiga poin hanya akan membuat mereka mengumpulkan total poin 10.

Di sisi lain, Yaman juga sudah memastikan tiket ke putaran final dengan menduduki posisi runner-up Grup F, meski masih menyisakan satu laga lagi. Torehan poin tujuh sudah tak mungkin terkejar Tajikistan dan Nepal.

Keberhasilan Timnas Filipina tampil di Piala Asia ini jadi yang kali pertama sepanjang sejarah sepak bola Filipina. Jadi, Piala Asia 2019 bakal menjadi debut The Azkals bersaing dengan tim-tim elite di Asia.

Selain Timnas Filipina, Asia Tenggara juga diwakili Thailand dan Vietnam di Piala Asia 2019. Thailand sudah memastikan lolos sejak putaran kedua penyisihan grup dengan status juara Grup F.

Sedangkan Vietnam, saat ini sudah lolos dengan koleksi poin sembilan. Untuk sementara, Vietnam berada di posisi runner-up Grup C putaran ketiga, di bawah Yordania yang mengoleksi poin 11.

Namun, Vietnam masih berpeluang jadi juara grup karena masih akan bersua Yordania di laga terakhir. Baik Yordania maupun Vietnam, sama-sama sudah lolos ke Piala Asia 2019.

Sementara itu Timnas Indonesia sudah memastikan diri tak mengikuti Piala Asia 2019 karena ketika berlangsung babak kualifikasi sudah tidak turut bergabung karena sanksi dari FIFA pada tahun 2015 kemarin. Kualifikasi Piala Asia sendiri sudah berlangsung sejak 12 Maret 2015.

Sumber: Bola.com