Eriksson Sebut Tiongkok Bisa Produksi Pemain Macam Messi atau Ronaldo

14-03-2017 20:55

 | Lionel Messi

Eriksson Sebut Tiongkok Bisa Produksi Pemain Macam Messi atau Ronaldo
Sven-Goran Eriksson © AFP

Bola.net - Mantan pelatih timnas Inggris Sven-Goran Eriksson menyebut Tiongkok akan jadi negara adidaya sepakbola dunia dan bisa saja memproduksi pemain hebat macam Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo.

Liga Super Tiongkok mencuri perhatian dalam beberapa musim belakangan ini. Hal tersebut tak lepas dari aktifitas belanja pemain mereka yang gila-gilaan di Eropa.

Klub-klub di negara tersebut rela mengeluarkan dana super besar demi mendapatkan pemain-pemain bintang. Di antaranya Oscar, Carlos Tevez Axel Witsel, Hulk, hingga Graziano Pelle.

Aksi itu sendiri sepertinya tak lepas dari niatan federasi sepakbola Tiongkok untuk mendukung target besar mereka. Mereka menargetkan untuk bisa jadi negara adidaya di persepakbolaan dunia pada tahun 2050. Tak cuma itu mereka juga menargetkan adanya 50 juta anak-anak dan orang dewasa yang bermain sepakbola di negaranya tersebut pada tahun 2020.

Eriksson, yang pernah menukangi klub Shanghai SIPG dan Guangzhou R&F, angkat bicara terkait hal tersebut. Pelatih asal Swedia ini mengatakan bahwa Tiongkok tak main-main dalam mengembangkan sepakbolanya. Bahkan ia menyebut mereka bisa saja menghasilkan pemain-pemain hebat macam Messi atau Ronaldo.

"Sepakbola adalah hal besar di Tiongkok hari ini. Itu akan menjadi ancaman bagi negara-negara lain di masa depan. Tiongkok, jika mereka memutuskan untuk melakukan sesuatu, mereka melakukannya. Tidak hanya di sepakbola, tapi apa pun itu. Jika Anda berpikir tentang populasi mereka yang mencapai miliaran, pasti ada banyak (bakat-bakat macam) Messi atau Ronaldo di luar sana. Pasti ada banyak pemain sepak bola berbakat di luar sana. Liga super Tiongkok adalah sebuah kekuatan dan Tiongkok akan segera menjadi kekuatan dunia dalam kurun waktu 10 sampai 15 tahun," tutur Eriksson seperti dilansir Soccerway.

"Apa yang orang lihat adalah transfer besar pemain dan manajer, tetapi apa yang orang tidak tahu dari Tiongkok adalah investasi mereka dalam sepakbola akar rumput. Ini luar biasa. Setiap sekolah, setiap klub, setiap federasi, mendukung sepakbola untuk anak laki-laki dan perempuan, yang berusia dari enam dan tujuh tahun, dan hal itu tidak pernah terjadi sebelumnya," terangnya.

"Apa yang mereka mainkan adalah ping pong, badminton, basket dan olahraga individual. Tiongkok tidak pernah benar-benar tampil bagus dalam olahraga tim. Mereka memenangkan medali emas Olimpiade di voli dan itu hal yang hebat. Tapi dalam sepak bola, tidak ada. Namun, tunggu saja 10 sampai 15 tahun dan Anda akan melihatnya," tegas mantan manajer Manchester City dan Leicester City tersebut. (sw/dim)

 

Rekomendasi Pilihan



Akses Bola.net melalui https://m.bola.net/ pada browser ponsel Anda.





Lihat Berita Bola Dunia Lainnya

- - -