FOLLOW US:


Jumlah Kekayaan Lima Pelatih dengan Bayaran Tertinggi Masih Kalah Jauh dari Decacorn

10-03-2019 03:03
Jumlah Kekayaan Lima Pelatih dengan Bayaran Tertinggi Masih Kalah Jauh dari Decacorn
© shutterstock

Bola.net - Seorang pelatih memegang peranan cukup penting dalam dunia sepak bola. Tanpa analisa tajam dan pengaturan strategi dari pelatih, sebuah tim sepak bola akan kesulitan meraih kemenangan. Karena itu, tak mengherankan bila pelatih juga mendapat bayaran yang tinggi.Kini, penghasilan seorang pelatih tak jauh berbeda dengan para pemain. Bahkan, ada beberapa pelatih yang memiliki penghasilan lebih tinggi daripada pemain. Siapa sajakah pelatih dengan bayaran tertinggi saat ini dan berapa penghasilannya?

Dilansir dari sportskeeda.com (21/8/2018), berikut adalah lima pelatih dengan bayaran tertinggi di dunia saat ini.

1. Pep Guardiola

Peringkat pertama pelatih dengan penghasilan tertinggi saat ini dipegang oleh Pep Guardiola. Pelatih Manchester City ini mendapat penghasilan 20 juta poundsterling atau Rp 374 miliar per tahun selama tiga tahun. Penghasilan tersebut ia raih berkat hasil keberhasilannya membawa kemenangan Premier League 2018.

2. Marcello Lippi

Marcello Lippi menunjukkan performa yang mengesankan saat menjadi manajer tim nasional China. Dirinya mendapat apresiasi dari China Football Association setelah berhasil meningkatkan performa dunia persepakbolaan negara ini. Berkat performanya ini, Lippi menjadi pelatih dengan bayaran tertinggi kedua dengan total pendapatan 18 juta poundsterling atau Rp 337 miliar per tahun.

3. Jose Mourinho

Setelah Alex Ferguson pensiun menjadi pelatih Manchester United, Jose Mourinho menjadi salah satu penggantinya yang cukup berhasil. Dari 122 pertandingan yang dipimpinnya, ia berhasil mengoleksi 75 kemenangan, 25 seri, dan 22 kekalahan. Dari hasil prestasinya tersebut, Mourinho dibuatkan kontrak baru dengan penghasilan 15 juta poundsterling atau setara Rp 281 juta per tahun.

4. Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino merupakan pelatih Tottenham Hotspur yang memiliki penghasilan 8,5 juta poundsterling atau Rp 167 miliar per tahun. Dirinya memiliki andil besar dalam mengembangkan pemain muda bertalenta menjadi pemain profesional dalam timnya. Pochettino juga berhasil membawa Tottenham yang sebelumnya tak pernah berhasil masuk dalam empat besar liga domestik, jadi berada di peringkat tiga.

5. Jurgen Klopp

Pelatih asal Jerman ini ditunjuk untuk menjadi manajer Liverpool untuk menggantikan Brendan Rogers. Klopp berhasil menolong Liverpool yang sedang mengalami kesulitan meraih kemenangan dalam berbagai pertandingan. Sejak di bawah kepemimpinannya, The Reds berhasil menduduki peringkat delapan di liga domestik dan peringkat dua dalam UEFA Europe League. Lebih lanjut, Klopp juga berhasil membawa Liverpool ke peringkat empat di Champions League. Keberhasilannya tersebut memberikannya kontrak baru senilai 7 juta poundsterling atau Rp 131 miliar.

Apabila ditotal, seluruh penghasilan kelima pelatih tersebut bernilai 60,5 juta poundsterling atau Rp 1 triliun. Nilai ini masih kalah jauh apabila dibandingkan dengan valuasi start-up decacorn. Valuasi decacorn sebesar 10 miliar dollar AS atau Rp 155 triliun.

Memang belum banyak pihak dan perusahaan yang bisa memiliki valuasi sebesar itu. Salah satu perusahaan yang sudah berhasil mencapainya adalah online-to-offline (O2O) mobile platform, Grab. Menjadi decacorn pertama di Asia Tenggara, Grab memiliki valuasi sebesar 11 miliar dollar AS atau Rp 155 triliun.

Grab sebagai Super App terkemuka di Asia Tenggara, menawarkan solusi sehari-hari dengan layanan transportasi, pengiriman barang dan makanan, pembayaran mobile, dan hiburan digital. Dengan filosofi platform terbuka, Grab menyatukan para mitra untuk membuat hidup lebih baik bagi semua pengguna di Asia Tenggara.