FOLLOW US:


Keputusan Liverpool Campakkan Carabao Cup Demi Piala Dunia Antarklub Dinilai Tepat

24-12-2019 04:20

 | Dimas Ardi Prasetya

Keputusan Liverpool Campakkan Carabao Cup Demi Piala Dunia Antarklub Dinilai Tepat
Liverpool juara Piala Dunia Antarklub 2019. © AP Photo

Bola.net - Eks gelandang Liverpool Danny Murphy menyebut keputusan Jurgen Klopp untuk memprioritaskan Piala Dunia Antarklub ketimbang Carabao Cup memang sudah benar.

Liverpool mengalami dilema pada bulan Desember 2019 ini. Sebab mereka dihadapkan pada jadwal yang begitu mepet antara Carabao Cup dengan Piala Dunia Antarklub.

Pada tanggal 18, mereka harus bermain di perempat final Carabao Cup melawan Aston Villa. Duel tersebut dihelat di Villa Park.

Namun sekitar 24 jam berselang mereka harus menghadapi Monterrey di semifinal Piala Dunia Antarklub 2019. Laga itu dihelat di Doha, Qatar.

Mustahil bagi Liverpol untuk bisa memainkan tim intinya di dua laga tersebut. Pada akhirnya Jurgen Klopp memutuskan untuk menurunkan para pemain mudanya di ajang Carabao Cup.

1 dari 2

Keputusan Tepat

Danny Murphy membela keputusan Jurgen Klopp untuk memainkan para pemain mudanya di ajang Carabao Cup. Menurutnya ada dua alasan mengapa keputusan itu dianggapnya benar.

Yang pertama adalah karena Liverpool sebelumnya sudah pernah jadi juara Piala Liga. Sementara itu dalam sejarah berdirinya klub, The Reds belum pernah bisa meraih trofi juara di turnamen tersebut.

“Itu selalu merupakan keputusan yang tepat oleh Jurgen Klopp untuk mengirim pasukan tim pertamanya ke Qatar dan anak-anak ke Aston Villa untuk Carabao Cup," ujarnya pada Daily Mail.

“Sejarah Liverpool didasarkan pada memenangkan trofi juara dan juara dunia bukanlah sesuatu yang pernah mereka raih. Dan sementara Piala Liga bukanlah kompetisi yang harus diremehkan, kebenaran adalah berkompetisi melawan para juara di setiap benua secara global lebih penting, baik bagi basis penggemar maupun pasar," cetus Murphy.

2 dari 2

Sekalian Liburan

Danny Muprhy kemudian mengatakan bahwa alasan kedua adalah skuat Liverpool bisa sekaligus mengusir rasa penat di turnamen itu. Dengan demikian nanti mereka bisa mengarungi sisa musim dengan lebih baik.

“Aspek kedua kurang dipublikasikan tetapi Klopp membawa pasukannya pergi, itu harus menyegarkan mereka dan mengisi ulang baterai mereka untuk paruh kedua musim yang ingin mereka selesaikan sebagai juara Premier League," ujarnya.

“Pergi bersama, ke iklim yang lebih hangat, perubahan lingkungan, adalah manfaat besar pada tahap musim ini, dan hanya menghabiskan waktu bersama seperti itu akan memperkuat semangat tim," sambungnya.

"Katakanlah Klopp meninggalkan Divock Origi, Adam Lallana dan James Milner di rumah untuk bermain lawan Villa, saya tidak berpikir mereka akan merasa beristirahat dan bersiap untuk pergi untuk tahun baru seperti yang akan mereka lakukan sekarang," cetus Murphy.

Setelah pulang dari Qatar, Liverpool akan bermain melawan Leicester City di pentas Premier League. Setelah itu mereka akan menghadapi Wolverhampton di laga terakhirnya di liga pada tahun 2019.

(daily mail)