FOLLOW US:


Malam Ajaib River Plate: Menang Tanpa Kiper, Hanya 11 Pemain Tanpa Subs

20-05-2021 14:40

 | Richard Andreas

Malam Ajaib River Plate: Menang Tanpa Kiper, Hanya 11 Pemain Tanpa Subs
Selebrasi skuad River Plate © AP Photo

Bola.net - Sepak bola tidak pernah kehabisan cerita ajaib di lapangan. Kali ini ada kisah perjuangan River Plate yang bermain dengan 11 pemain saja, tanpa kiper inti, tanpa cadangan.

River Plate harus meladeni Santa Fe dalam duel matchday 5 Grup D Copa Libertadores (Liga Champions-nya Amerika Selatan). Masalahnya, kondisi tim River Plate benar-benar buruk.

River Plate akhirnya menang dengan skor 2-1, gol Fabrizio Angileri (3') dan Julian Alvarez (6') membawa mereka unggul, Santa Fe hanya bisa membalas melalui Kelvin Osorio (73').

Meski begitu, bukan hasil akhir yang menarik dari pertandingan ini, melainkan kondisi tim River Plate yang babak belur.

1 dari 4

Badai Covid

River Plate memasuki laga ini dengan 20 kasus Covid-19 yang menyerang tim mereka, plus ada 2 pemain cedera. Kondisi ini mendesak pelatih River, Marcelo Gallardo, untuk mencari solusi.

Sayangnya, Gallardo tidak punya solusi sama sekali. Hanya tersisa 11 pemain yang siap tampil dalam timnya, itu pun dengan salah satu pemain yang masih cedera.

Nahasnya keempat kiper Los Millonarios sama-sama diserang virus corona, tidak ada yang bisa bermain. Akibatnya, gelandang berpengalaman mereka (pemain yang cedera), Enzo Perez, harus turun sebagai kiper.

Kasus badai Covid-19 yang menyerang River Plate:

  • Kiper: Franco Armani, Germán Lux, Enrique Bologna, dan Franco Petroli.
  • Bek: Paulo Díaz, Robert Rojas, Gonzalo Montiel, dan Alex Vigo.
  • Gelandang: Leonardo Ponzio, Bruno Zuculini, Tomás Castro Ponce, Santiago Simón, Nicolás de la Cruz, dan Agustín Palavecino.
  • Penyerang: Rafael Santos Borré, Matías Suárez, Federico Girotti, Benjamín Rollheiser, Lucas Beltrán, dan Fabian Londoño Bedoya.
2 dari 4

Dilarang ganti pemain

Badai Covid-19 tersebut berarti Gallardo hanya memiliki 10 pemain fit, plus satu gelandang yang baru pulih dari cedera. Situasi ini unik, tapi River Plate sebenarnya juga salah langkah.

Sebelum turnamen dimulai, CONMEBOL mengizinkan setiap klub peserta Copa Libertadores untuk mendaftarkan 50 pemain dalamm skuad mereka. CONMEBOL menyadari sulitnya situasi pandemi dan masih ada laga-laga internasional.

Namun, River Plate melewatkan kesempatan tersebut karena tidak mau memaksakan pemain muda tampil. Alhasil, River Plate hanya mendaftarkan 32 pemain.

River mungkin tak menyangka bahwa sampai 20 pemain mereka harus diserang Covid-19 bersamaan dan terpaksa absen.

3 dari 4

Modal berani, gelandang jadi kiper

Aksi Enzo Perez, kiper River Plate, dalam duel kontra Santa Fe (c) AP Photo
Aksi Enzo Perez, kiper River Plate, dalam duel kontra Santa Fe (c) AP Photo

River sebenarnya sudah mencoba mengajukan permintaan ke CONMEBOL. Mereka ingin memasukkan kiper akademi ke dalam skuad.

Namun, permintaan itu ditolak mentah-mentah oleh CONMEBOL. River pun tidak punya banyak opsi selain menunjuk Enzo Perez, sang gelandang, untuk bermain sebagai kiper.

Perez menderita cedera hamstring, jadi dia tidak bisa banyak berlari. Meski begitu, setidaknya Perez masih bisa berdiri menjaga gawang.

4 dari 4

Tetap menang

Selebrasi skuad River Plate (c) AP Photo
Selebrasi skuad River Plate (c) AP Photo

Di tengah kesulitan ekstrem semacam itu, situasi yang tidak normal, River ternyata masih bisa bermain luar biasa. Mereka mencetak dua gol cepat untuk membuat Santa Fe tertekan

Setelahnya River harus bertahan. Bahkan penguasaan bola Santa Fe mencapai 70% dengan 22 tembakan.

Di luar dugaan, Enzo Perez si kiper dadakan bisa bermain luar biasa. Dia membuat total 5 penyelamatan dan mengamankan kemenangan untuk River.

Malam ajaib dalam sepak bola benar-benar ada.

Sumber: River Plate, ESPN, Bola