FOLLOW US:


Cerita Septian David Maulana Jalani Ujian Skripsi Secara Virtual

23-06-2020 19:04

 | Serafin Unus Pasi

Cerita Septian David Maulana Jalani Ujian Skripsi Secara Virtual
Septian David Maulana © Fitri Apriani

Bola.net - Gelandang PSIS Semarang, Septian David Maulana akhinya menuntaskan kuliahnya di Univeritas Negeri Yogyakarta. Pemain kelahiran Semarang itu baru saja menjalani sidang skripsi untuk mendapat gelar sarjana pendidikan.

Namun, David tidak perlu berhadapan langsung dengan para penguji di kampusnya. Sebab, sidang dilakukan secara virtual sebagai dampak dari pandemi Covid-19.

"Kemarin sidang lewat online, semua mahasiswa timnas U-19 yang masih tersisa ada sembilan orang," kata Septian David kepada Bola.net, Selasa (23/6/2020).

Tetapi, meskipun dilakukan secara online, David mengaku sempat grogi. Sebab, dia merasa persiapannya kurang maksimal.

"Iya, (grogi), apalagi enggak pernah kuliah, itu pun belajarnya malam, paginya sudah ujian,"lanjut eks pemain Mitra Kukar tersebut.

Untuk menyusun skripsinya sendiri, Septian David mengaku banyak dibantu temannya. Dia memilih melakukan penelitian di PSIS Semarang sehingga tidak menganggu aktivitasnya sebagai pesepakbola.

Scroll ke bawah untuk informasi selengkapnya ya Bolaneters.

1 dari 1

Senang Bisa Menuntaskan Pendidikan

Lebih lanjut, Septian David mengaku senang akhirnya bisa menyelesaikan kuliahnya. Karena bagaimanapun pendidikan cukup penting bagi gelandang 23 tahun itu.

"Pasti senang, karena ijazah S1 juga penting buat saya. Jadi sayang kalau enggak dilanjutin, dan alhamdulilah sekarang hampir wisuda," jelas David.

Septian David sendiri mengambil program studi Pendidikan Kepelatihan Keolahragaan di Universitas Negeri Yogyakarta. Dia mulai kuliah usai membawa timnas Indonesia juara AFF U-19.

(Bola.net/Mustopa El Abdy)