FOLLOW US:


Di Inggris Ternyata Juga Terdapat Liga Ramadan

22-05-2018 10:54
Di Inggris Ternyata Juga Terdapat Liga Ramadan
Burton Albion © Bola.com

Bola.net - Liga Ramadan tak hanya terdapat di Indonesia. Liga Ramadan untuk memeriahkan bulan suci bagi umat muslim tersebut ternyata juga terdapat di Inggris.

Beberapa waktu lalu, sebuah komunitas sepakbola Wycombe Wanderers FC menggelar turnamen antar-masjid untuk menyambut Ramadan pada 18-19 Mei. Turnamen digelar setelah tarawih sampai menjelang sahur.

Komunitas Burton Albion FC, klub Liga 1 Inggris atau football league one (kasta ketiga Liga Inggris), juga tak mau kalah. Mereka menggelar Liga Ramadan untuk pertama kali. Pertandingan digelar mulai 15 Mei-12 Juni di lapangan Anglesey Community Football Centre, Burton Upon Trent, Staffordshire.

Jika turnamen Ramadan ala Wycombe Wanderers FC mempertandingan tim antar-masjid, Liga Ramadan versi Burton Albion FC terbuka untuk umum yang berusia 18 tahun ke atas.

John Widdowson, manajer kesehatan Burton Albion Community Trust, mengatakan, Liga Ramadan akan menjadi prospek yang menarik, selain membantu warga muslim membakar kalori setelah berbuka puasa.

"Kami sangat senang bahwa melalui dana amal Liga Premier yang baru-baru ini kami berikan, kami dapat memberikan kesempatan penting kepada masyarakat setempat," katanya seperti dikutip dari Burton Mail.

"Ini akan menjadi liga Ramadan pertama kami dan kami sangat bersemangat untuk memulai. Proyek ini adalah contoh yang bagus tentang bagaimana kami dapat menjangkau semua aspek dari komunitas kami," katanya.

Pertandingan akan berlangsung setiap Selasa dan Minggu malam, mulai 19.30 dan 21.30. Pertandingan akan berlangsung selama 30 menit, tanpa interval paruh waktu.

Konsep Liga Ramadan seperti ini sudah sangat populer di Indonesia. Makassar merupakan daerah yang rutin menggelar Liga Ramadan. Bahkan pada tahun 2015, Liga Ramadan menjadi ajang aksi bintang sepak bola Indonesia saat kompetisi dihentikan.

Tahun ini, Liga Ramadan di Makassar berlangsung pada 1 Mei hingga 10 Juni. Tapi turnamen tersebut sepertinya tak akan melibatkan pemain bintang karena Liga 1 selama bulan Ramadan bergulir hampir setiap hari.

Sumber: Bola.com