FOLLOW US:


Dream Team Football Manager Sepanjang Masa

01-11-2013 16:12
Dream Team Football Manager Sepanjang Masa
Football Manager memiliki beberapa pemain yang hebat hanya di dalam game. © SEGA
Bola.netBola.net - Menyambut dirilisnya game simulasi sepakbola terpopuler sejagat, The Telegraph menyusun sebuah tim impian yang terdiri dari 11 nama pemain, yang diambil dari berbagai klub, negara, dan era yang berbeda dari seri game Football Manager dan Championship Manager.

Menariknya, ada banyak pemain di daftar ini yang hebat di dalam game, namun tak begitu menonjol jika dilihat di kondisi kehidupan yang sebenarnya. Bagi para pemain veteran seri Football Manager, mungkin sudah pernah menemui nama-nama ini sebelumnya.

Sekedar informasi, Football Manager sebelumnya berkembang dengan nama Championship Manager. Namun karena ada perselisihan antara pengembang, franchise Football Manager lahir untuk meneruskan kesuksesan seri sebelumnya.

Oke, tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak siapa-siapa saja pemain yang sebelumnya pernah menjadi 'top' di game Football/Championship Manager.

1 dari 11

Kiper - Vincent Enyeama

Kiper - Vincent Enyeama
Kiper asal Nigeria ini merupakan salah satu pemain 'antah-berantah' yang menjadi populer di seri FM 2011. Di awal permainan ia seringkali direkomendasikan oleh pemandu bakat sebagai rekrutan menarik.

Selain Enyeama, Bolanetters juga bisa mempertimbangkan untuk merekrut Sebastian Frey atau Tim Flowers, tentunya sesuai dengan masa di mana game berlangsung.
2 dari 11

Bek Kiri - Bixente Lizarazu

Bek Kiri - Bixente Lizarazu
Pemain Prancis yang tenar ketika bermain di Bayern Munich ini menjadi salah satu sosok yang paling bersinar di dalam game, terutama ketika anda memainkan edisi 2001/2002.
3 dari 11

Bek Tengah - Taribo West

Bek Tengah - Taribo West
West tersedia dengan gratis ketika game memasuki musim 2000/2001, tentu saja anda harus memainkan seri CM/FM yang sesuai untuk menemukan pemain berambut unik ini.

Di dalam game West terbukti bisa menjadi batu karang di daerah pertahanan. Penampilannya amat solid, meski tak sebagus di kehidupan nyata.
4 dari 11

Bek Tengah - Fabio Cannavaro

Bek Tengah - Fabio Cannavaro
Tak hanya di dunia nyata, Cannavaro juga memiliki statistik yang bagus di dunia game. Miliki pemain yang satu ini di dalam tim maka dijamin gamers akan dimanjakan dengan lini belakang yang solid.

Puncak karir Cannavaro di dalam game adalah pada musim 97/98.  Ia menjadi alternatif yang baik, selain Ivan Hurtado dan tentu saja, pemain anyar Liverpool, Mamadou Sakho.
5 dari 11

Bek Kanan - Michael Duff

Bek Kanan - Michael Duff
Pemain satu ini hanya diharga 24.000 pounds di dalam game. Anda bisa menemukannya bermain untuk Cheltenham Town di musim 97-98. Ia termasuk pemain yang loyal di dalam simulasi. Ternyata hal yang sama juga ditunjukkan oleh Duff di duni nyata.

Tercatat, ia hingga kini sudah berlaga di 300 pertandingan untuk Cheltenham dan 265 untuk Burnley.
6 dari 11

Gelandang Bertahan - Tommy Svindal Larsen

Gelandang Bertahan - Tommy Svindal Larsen
Anda bisa menemukannya di edisi 97-98. Kehadirannya mewakili era kehebatan pemain Skandinavia di dalam dunia sepakbola. Sosok satu ini amat piawai jika ditempatkan di posisi gelandang bertahan. Ia bisa menjadi jangkar tim, juga sekaligus penahan serangan lawan yang berbahaya.
7 dari 11

Gelandang Tengah - Mark Kerr

Gelandang Tengah - Mark Kerr
Entah apa yang menjadi bahan pertimbangan para pembuat game CM/FM, sebab Kerr menjadi salah satu pemain dengan skill 'dewa' di edisi 2001/2002. Padahal di dunia nyata Kerr hanya bermain untuk Dundee United dan tak terlalu menonjol.
8 dari 11

Gelandang Tengah - Kennedy Bakircioglou

Gelandang Tengah - Kennedy Bakircioglou
Pemain blasteran Turki - Swedia ini menjadi salah satu sosok yang wajib untuk dibeli di dalam game. Di dunia nyata, ia memiliki karir yang cukup menjanjikan. Sayang, sempat menjalani masa ujicoba bersama Manchester United, Bakircioglou kemudian ditolak oleh klub setan merah itu di usia 17 tahun.

Bakircioglou juga pernah terlibat dalam sebuah wawancara yang dimuat dalam buku berjudul 'Football Manager Stole My Life'. Ia menyebut dirinya sendiri memainkan game ini, membuat dirinya dibeli oleh Manchester United, dan merubah pola permainan tim untuk cocok dengan dirinya. Mantap!
9 dari 11

Gelandang Serang - Tonton Zola Moukoko

Gelandang Serang - Tonton Zola Moukoko
Moukoko bermain untuk Derby, tim cadangan, di seri 99-00. Anda bisa membelinya dengan harga 500.000 poundsterling saja. Duetkan pemain ini dengan wonderkid lain di dalam game, Freddy Adu, maka anda akan mendapatkan tim dengan lini tengah cadas.
10 dari 11

Striker - Ibrahima Bakayoko

Striker - Ibrahima Bakayoko
Pemain ini menjadi mesin gol ketika game edisi 97-98 dikeluarkan. Hampir setiap orang yang memainkannya menjadikan Bakayoko sebagai target buruan utama. Mencengangkan, Everton termasuk klub yang kepincut dengan aksi Bakayoko di dunia maya tersebut.

Akhirnya ia pindah ke The Toffees dengan nilai transfer 4.5 juta poundsterling. Namun akhirnya Bakayoko gagal menunjukkan performa sama di dalam dunia game ke dunia nyata.
11 dari 11

Striker - Andri Sigthorsson

Striker - Andri Sigthorsson
Pernah memainkan CM 3? maka anda wajib membeli pemain satu ini. Melalui penyelidikan di forum dunia maya, ternyata terungkap bahwa Sigthorsson mendapatkan penilaian 'dewa' dari pengembang game. Talenta potensialnya diatur hingga nilai maksimal 200!

Bagaimana dengan penampilannya di dunia nyata? Tak terlalu buruk. Sigthorsson bermain untuk Molde dan kemudian memutuskan pensiun di usia 27 akibat cedera lutut. Ia kini dikabarkan memiliki sebuah toko roti.

Nah bagaimana Bolanetters? Cukup terhibur dengan daftar ini? Apakah kalian memiliki pemain 'dewa' lainnya yang menjadi andalan kala memainkan Football Manager? Silahkan memamerkannya di kolom komentar.