FOLLOW US:


Gawat, Final Liga Champions Terancam Serangan Hacker Rusia

25-05-2018 08:15
Gawat, Final Liga Champions Terancam Serangan Hacker Rusia
Real Madrid vs Liverpool © Bola.net

Bola.net - Liverpool dan Real Madrid saat ini tengah fokus mempersiapkan diri untuk menjalani partai final Liga Champions. Fans dari kedua tim juga sudah berbondong-bondong datang ke Kiev untuk menyaksikan pertandingan besar itu.

Tapi ada peringatan mengkhawatirkan dari otoritas keamanan Ukraina. Ada indikasi para hacker dari Rusia telah menyebar malware dengan tujuan untuk mengganggu stabilitas keamanan menjelang final Liga Champions.

"Ahli keamanan telah menemukan adanya beberapa hardware di Ukraina yang sudah terinfeksi malware. Terindikasi ada persiapan serangan siber dari Rusia, bertujuan untuk merusak stabilitas keamanan menjelang final Liga Champions," demikian pernyataan resmi otoritas keamanan Ukraina.

Menurut jasa keamanan siber Cisco Systems, penyebaran malware ini sudah sangat luas. Talos, unit pengamanan milik Cisco mendeteksi sekitar 500 ribu router yang sudah terinfeksi malware asal Rusia ini.

Malware ini bernama 'VPNFilter' dan secara khusus dibuat untuk menyerang Ukraina. Hampir semua korban dan VPNFilter ini memang berasal dari Ukraina. Parahnya, malware ini dibuat dan disponsori oleh negara tertentu. Craig williams, peneliti dari Cisco meyakini negara yang dimaksud adalah Rusia.

Sebelumnya, Rusia juga sudah sering mendapat tuduhan mengorganisir para hacker untuk menyerang negara tertentu. Amerika Serikat di bawah kepemimpinan Donald Trump beberapa kali menuduh Rusia menyerang beberapa infrastruktur energi mereka.