FOLLOW US:


Harapan Menpora, Kirab Pemuda 2018 Sebarkan Virus Bhinneka Tunggal Ika

26-11-2018 07:21
Harapan Menpora, Kirab Pemuda 2018 Sebarkan Virus Bhinneka Tunggal Ika
© Merdeka

Bola.net - Isu intoleransi dan ancaman disintegrasi bangsa tampaknya kian disadari oleh generasi muda Indonesia. Sebagai negara besar dan terdiri dari banyak suku bangsa, dibutuhkan semangat persatuan yang lebih kuat untuk terus mengikat NKRI menjadi satu.

Salah satu usaha untuk memupuk persatuan Indonesia di kalangan generasi milenial adalah dengan Kirab Pemuda 2018. Sebuah program yang digagas Kemenpora dengan fokus melakukan perjalanan napak tilas kebhinekaan, sekaligus menjadi pengingat bahwa mendirikan NKRI adalah hal yang tak mudah. Dalam penyelenggaraannya, Kirab Pemuda 2018 diselenggarakan dengan berbagai kegiatan yang atraktif, massal, patriotik, gembira, serta kompetitif.

Kamis, 15 September 2018, acara Kirab Pemuda 2018 resmi ditutup oleh Menpora Imam Nahrawi. Setelah sukses membawa 90 pemuda dan pemudi terpilih berkeliling Indonesia untuk menemukan arti pentingnya Bhinneka Tunggal Ika, acara ini akhirnya ditutup di GOR Rawamangun, Jakarta Timur. Para peserta Kirab Pemuda 2018 turut dilibatkan dalam acara yang dihiasi dengan tari-tarian tradisional dan pementasan tersebut.

Dalam sambutannya, Menpora ingin agar peserta yang sudah mengikuti kirab bisa mengaplikasian apa yang mereka dapat dalam kehidupan sosial. Mereka diharapkan bisa menjadi barisan terdepan dalam menjaga persatuan Indonesia.

"Bentangan dari Sabang sampai Merauke adalah anugerah Allah yang harus kita jaga. Untuk itu, sebarkan virus Bhinneka Tunggal Ika," tegas Menpora.

Pria asal Bangkalan, Madura ini juga ingin agar para peserta Kirab Pemuda mampu menciptakan program secara mandiri dan independen. Menciptakan beragam kegiatan bermanfaat tanpa harus bergantung pada pemerintah, tapi berfokus memberi dukungan pada pembangunan Indonesia. Artinya, para peserta diharapkan memiliki strategi khusus dalam menarik minat sponsor atau kolaborasi dengan pihak lain dalam membangun program positif mereka bagi masyarakat.

Acara puncak Kirab Pemuda 2018 ini makin meriah dengan kehadiran penyanyi Delon dan Ghea. Selain membawakan lagu ciptaan Gombloh yang berjudul 'Kebyar-Kebyar', Delon juga mengajak semua yang hadir untuk nyanyi bareng 'Karena Cinta'. Lagu yang mengangkat nama Delon usai memenangkan Indonesian Idol ini seakan mewakili perasaan para peserta Kirab Pemuda, yakni cinta dan bakti pada Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tahun ini program kirab dibagi menjadi dua zona. Sebanyak 90 peserta diajak untuk merekam, memelajari, dan mengaplikasikan konsep persatuan Indonesia, sesuai dengan slogan Kirab Pemuda, yaitu 'Berani Bersatu'.

Apa yang bakal diusung dalam Kirab Pemuda 2019 mendatang? Masih menjadi misteri. Tapi bisa dipastikan, bakal ada lebih banyak calon peserta yang siap berkompetisi untuk turut ambil bagian, menyebarkan virus Bhinneka Tunggal Ika ke seluruh pelosok Nusantara.