FOLLOW US:


Ini Wanita Saudi Pertama Yang Nonton Sepakbola Langsung di Stadion

15-01-2018 13:05
Ini Wanita Saudi Pertama Yang Nonton Sepakbola Langsung di Stadion
Sarah Alkashgari © BBC

Bola.net - Sebuah sejarah dicatatakan oleh Wanita bernama Sarah Alkashgari. Gadis berusia 18 tahun itu menjadi perempuan Saudi Arabia pertama yang bisa masuk ke Stadion untuk menonton langsung pertandingan sepakbola.

Seperti yang sudah diketahui, Arab Saudi memang memiliki aturan yang ketat mengenai Wanita. Banyak hak-hak wanita yang cukup dikekang oleh Pemerintah Arab Saudi, seperti tidak boleh menyetir sendiri dan juga Wanita dilarang masuk ke Stadion Sepakbola menonton jalannya pertandingan.

Namun belakangan ini ada angin perubahan datang di Saudi Arabai. Pemerintah setempat mulai menghapus larangan-larangan yang sebelumnya dinilai mengekang hak seorang perempuan, di mana baru-baru ini Pemerintah Saudi Arabia mengijinkan Wanita untuk menonton pertandingan antara Al Ahli melawan Al-Batin.

Dampak tersebut dirasakan oleh Sarah Alkashgari. Menurut laporan yang diturunkan BBC, Sarah menjadi wanita pertama yang bisa menonton langsung pertandingan sepakbola di Stadion.

Tidak hanya menonton, Sarah juga menjadi wanita Saudi pertama yang bekerja di Stadion Sepakbola. Ia bertugas untuk menyambut para penonton dan menunjukan kursi mereka di King Abdullah Sports City yang menjadi markas dari Al-Ahli.

Sarah sendiri mengaku senang karena hasratnya untuk menonton pertandingan sepakbola akhirnya terwujud. "Sudah saatnya Wanita Arab bisa mendapatkan tuntutan kami. Kami ingin masuk ke Stadion dan akhirnya kami bisa melakukan itu," ujar Sarah dalam wawancara kepada BBC.

"Saya adalah fans berat sepakbola. Saya suka bermain bola dan menonton pertandingan. Namun saya tidak pernah menyaksikan pertandingan secara langsung sebelumnya. Ini adalah kali pertama bagi saya untuk menonton langsung." tandas Mahasiswi King Abdulaziz University tersebut.