FOLLOW US:


Mengenal Sir Jim Ratcliffe, Calon Pemilik Baru Chelsea yang Ngefans dengan MU

20-03-2019 22:00
Mengenal Sir Jim Ratcliffe, Calon Pemilik Baru Chelsea yang Ngefans dengan MU
Sir Jim Ratcliffe © Wikipedia

Bola.net - Belakangan ini, sosok Sir Jim Ratcliffe disebut-sebut sebagai calon pengganti Roman Abramovich di kursi pemilik klub raksasa Premier League, Chelsea. Namun, apakah publik sudah mengenal sosok yang kerap dijuluki milyarder terkaya asal Inggris tersebut?

Rezim Abramovich sepertinya akan segera berakhir. Taipan minyak asal Rusia tersebut santer diberitakan bakal melepas Chelsea yang sedang terpuruk. Ia terkendala masalah perpanjangan visa yang membuatnya kesulitan mengelola Chelsea secara langsung.

Selama ini, Abramovich merupakan dalang dibalik kesuksean The Blues. Dengan sokongan dana darinya, Chelsea sukses mendatangkan banyak pemain hebat dunia seperti Didier Drogba, Fernando Torres, hingga Eden Hazard.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 3

Mengenal Sir Jim Ratcliffe

Kepergian Abramovich bisa menjadi pukulan telak bagi Chelsea yang selama ini mengandalkan dukungan dana darinya. Namun jika publik berpikir bahwa The Blues akan runtuh, pikir ulang lagi. Sebab calon penggantinya pun tidak kalah kalau bicara soal uang.

Sir Jim Ratcliffe terus disebut-sebut sebagai salah satu sosok pengganti Roman Abramovich di Chelsea. Tak kalah dengan pria berumur 52 tahun tersebut, Jim Ratcliffe juga memiliki pasokan dana yang siap dikucurkan agar klub asal London tersebut bisa meraih prestasi.

Ratcliffe disebut memiliki kekayaan senilai Rp 396 Triliun, dan membuatnya sering disebut sebagai orang terkaya di tanah Britania. Tapi satu hal yang patut diketahui adalah Ratcliffe baru memulai kiprahnya di dunia bisnis saat berumur 40 tahun.

2 dari 3

Fans MU Sekaligus Chelsea

Pada tahun 1998, ia mendirikan sebuah perusaahan kimia bernama INEOS yang kemudian menjadi sumber utama pundi-pundi kekayaannya. Seolah belum cukup, ia lalu merambah ke dunia sepak bola dan kini sedang memegang klub sepak bola asal Swiss, Lausanne-Sport.

Ratcliffe pun dikenal sebagai penggemar olahraga sepak bola. Ia lahir di Failsworth, salah satu bagian dari Greater Manchester, dan sering menghadiri pertandingan yang berlangsung di Old Trafford. Tetapi kesetiaannya terhadap Manchester United perlahan luntur saat ia memiliki rumah di London Barat.

Secara perlahan, rasa cintanya kepada Chelsea meningkat. Belakangan diketahui bahwa Ratcliffe merupakan salah satu pemegang tiket musiman di Stamford Bridge dengan kelas yang paling mahal. Semuanya dilakukan demi menyaksikan aksi Eden Hazard dkk dari jarak dekat.

3 dari 3

Aset Ratcliffe

Aset yang dimilikinya saat ini cukup beragam. Ia memiliki sebuah hotel yang terletak di Hampshire, dan seringkali disebut sebagai rumah ketiganya. Tidak jarang ia menikmati masa-masa senggang di hotel bernama Lime Wood itu.

Hotel merupakan salah satu dari sebagian aset yang ia kantongi saat ini. Ratcliffe pun diketahui memiliki dua kapal pesiar mewah bernama Hampshire I dan Hampshire II. Tidak tanggung-tanggung, harganya ditaksir mencapai 78,4 juta pounds.

Tak hanya itu, Ratcliffe juga memiliki jet pribadi yang jumlahnya diperkirakan paling sedikit empat buah. Ditambah dengan serentetan mobil-mobil mewah miliknya, maka dapat dipastikan Chelsea akan aman berada di bawah naungan milyarder tersebut.