FOLLOW US:


Momen Langka, Peserta Kirab Pemuda 2018 Bertemu Wapres Jusuf Kalla

25-11-2018 07:10
Momen Langka, Peserta Kirab Pemuda 2018 Bertemu Wapres Jusuf Kalla
© AFP

Bola.net - Kirab Pemuda 2018 sudah berlalu. Tapi pengalaman yang didapatkan oleh para peserta bakal melekat dalam ingatan, seumur hidup. Sejak awal peserta bersaing untuk ikut dalam program ini. Dari 11.000-an pendaftar, hanya 405 orang saja yang terpilih. Sebuah seleksi dan kompetisi yang sangat ketat, dan hanya mereka yang beruntung saja yang bisa mengikuti Kirab Pemuda 2018.

Salah satu momen istimewa dari Kirab Pemuda 2018 adalah kehadiran Wakil Presiden Jusuf Kalla di tengah-tengah peserta. Peristiwa ini terjadi hari Rabu (14/10) lalu, sehari sebelum pelaksanaan acara puncak Kirab Pemuda di GOR Rawamangun, Jakarta Timur.

Junaidi, Asisten Deputi Bidang Peningkatan Kreatifitas Pemuda Kemenpora, mengatakan bahwa ada tujuan khusus kedatangan Wapres Jusuf Kalla yaitu mendorong motivasi peserta Kirab Pemuda. Acara ini sendiri diikuti oleh peserta dari 34 Provinsi dan 10 OKP yang mengajak generasi muda Indonesia untuk mengkampanyekan nilai-nilai keberagaman di Bumi Pertiwi.

"Setelah puncak acara, mereka akan kembali ke daerahnya masing-masing, dan berbekal pengalaman yang peserta dapatkan di berbagai daerah mereka akan menjadi duta keberagaman di daerahnya masing-masing," kata Junaidi.

Salah satu syarat yang wajib dimiliki oleh peserta adalah fasih berkomunikasi lewat media sosial. Kecakapan ini diperlukan karena Kirab Pemuda memiliki fokus mempererat kebhinekaan Indonesia. Peserta diharapkan mau berbagi cerita tentang keseruan acara ini agar virus persatuan tersebar merata di penjuru Nusantara.

"Oleh karena pengalaman yang dimiliki peserta harus disampaikan kepada pemuda-pemuda lainnya agar turut serta menjaga kebhinekaan di Indonesia," lanjut Junaidi.

Salah satu peserta Kirab Pemuda 2018 dari Lampung mengungkapkan kegembiraannya mengikuti acara ini. Teguh, nama pemuda tersebut, mengaku bahwa dirinya bangga terpilih sebagai salah satu peserta program, sekaligus bisa mengenal Indonesia dengan lebih dekat.

"Sungguh istimewa menjadi bagian dari kirab pemuda 2018. Kita bisa merasakan langsung semangat keberagaman dengan mengenal lebih mendalam tentang beragam kebudayaan yang ada di Indonesia," ungkap Teguh.

Kirab Pemuda diselenggarakan bagi mereka yang berusia antara 19-26 tahun dan memiliki keterampilan tertentu dalam bidang kreativitas pemuda. Selain itu, peserta juga wajib memiliki kemampuan berkomunikasi lewat media sosial, terutama blogging atau video blogging. Mereka akan diajak mengikuti perjalanan napak tilas kebhinekaan untuk mengenang berdirinya NKRI ini melewati seluruh provinsi di Indonesia.