FOLLOW US:


Pesan Jokowi di IDEAFEST: Kolaborasi Itu Penting!

27-10-2018 13:04
Pesan Jokowi di IDEAFEST: Kolaborasi Itu Penting!
© The NextDev

Bola.net - Kolaborasi, atau kerja sama, bukan hanya berlaku penting di dunia sepak bola. Dalam perkembangan teknologi, sinergi antara satu pihak dengan lainnya wajib dilakukan bila menghasilkan sesuatu yang positif bagi kehidupan orang banyak.

Hal ini juga yang diingatkan oleh Presiden RI Joko Widodo ketika memberikan sambutan dalam pembukaan IDEAFEST X The NextDev 2018, Jumat (26/10). Selain mengungkapkan kebanggaan dan kegembiraannya karena bisa hadir di festival kreatif terbesar di tanah air, IDEAFEST X The NextDev 2018, beliau juga mengingatkan akan pentingnya kolaborasi. Menurut Jokowi, tanpa kolaborasi tidak akan ada kemenangan.

"Kolaborasi itu penting dan harus ada antara pemikir dengan kreator. Kalau tidak berkolaborasi, jangan harap bisa memenangkan kompetisi," tegas Presiden ketujuh Indonesia tersebut.

Dari sudut pandangnya, kolaborasi juga penting karena teknologi Indonesia punya kans besar untuk 'mengintervensi' negara lain. Salah satu yang terbaru adalah kehadiran Gojek di Vietnam, yang kemudian menghasilkan model bisnis ojek online dengan nama baru, Go Viet.

"Jadi inilah tantangan ke depan yang juga harus dihadapi dan direncanakan. Saya yakin IDEAFEST berbicara inovatif dan teknologi. Berpikir out of the box. Menyusun strategi ide dan gagasan, agar menjadi sebuah kenyataan," lanjutnya.

Sedikit mundur ke belakang, sebelum naik ke panggung untuk memberikan sambutan di IDEAFEST X The NextDev 2018, Presiden Jokowi juga sempat berkeliling area festival. Salah satu booth yang dikunjunginya adalah Telkomsel Experience Zone. Di tempat ini, hadir beragam insight tentang lifestyle dan bisnis dari beberapa pembicara. Tak tanggung-tanggung, mereka yang datang dan berbagi ilmu adalah Airlangga Hartarto (Menteri Perindustrian), Ririk Adriansyah (CEO Telkomsel), Ardhi Suryadi (Redaksi detik.com), dan Danang "Cak Dan" Arradian (Content Creator, Youtuber).

Co-Founcer IDEAFEST, Ben Subiakto mengamini pernyataan Preside Jokowi. Ia mengatakan bahwa kini waktunya bagi kaum milenial Indonesia untuk maju ke depan dan mengambil peran untuk memimpin Indonesia dengan karya kreatif.

"Oleh karena itu dengan adanya acara ini, diharapkan tokoh-tokoh (yang menjadi pembicara) dapat memberikan inspirasi untuk Millennial. Ke depannya IDEAFEST bisa membangun Indonesia dengan ekonomi kreatif yang lebih kuat," tutur Ben.

IDEAFEST X The NextDev 2018 akan hadir di JCC hingga Sabtu, 27 Oktober 2018. Jangan sampai ketinggalan untuk menjadi bagian dari semakin berkembangnya ekonomi kreatif Indonesia.