FOLLOW US:


Salad Buah, Solusi Enak untuk Sehat dan Langsing

11-10-2019 21:00

 | Serafin Unus Pasi

Salad Buah, Solusi Enak untuk Sehat dan Langsing
Salad Buah © Liputan6.com

Bola.net - Salad buah nampaknya bukan sesuatu yang asing buat Bolaneters sekalian. Ya, hidangan yang dibuat dari bermacam buah-buahan sebagai bahan dasarnya ini dikenal sebagai salah satu makanan yang populer saat ini.

Salad buah menjadi menu andalan bagi mereka yang menerapkan gaya hidup sehat sehari-hari, terutama dalam program diet. Pemilihan jenis buah-buahan yang tepat akan semakin meningkatkan manfaat salad buah.

Salad buah sangat baik untuk memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Mengonsumsi salad buah bisa menurunkan kadar kolesterol Anda dalam waktu singkat.

Makan salad setiap hari bisa menurunkan kalori dan berat badan Anda. Alhasil, salad buah kerap menjadi menu andalan bagi yang menjalani program diet.

Salad buah kaya akan nutrisi yang dapat menurunkan risiko kanker. Apalagi jika salad buah yang hendak dimakan dicampur dengan buah beri, pir, apel, hingga kacang-kacang seperti almond.

Tentunya salad mengandung banyak serat yang akan membantu melancarkan sistem pencernaan sekaligus membersihkan usus dari racun sisa makanan. Selain itu, tubuh akan mendapat banyak asupan antioksidan dari salad buah yang masih segar.

Antioksiden berperan sangat penting guna mencegah dampak buruk dan dapat memperbaiki sel-sel rusak akibat radikal bebas. Efeknya bagus kulit dan membuat Anda terlihat awet lebih muda.

Masih banyak manfaat lain yang terkandung dalam salad buah. Namun, sebelum mengetahuinya lebih lanjut, Anda perlu memilih jenis buah yang tepat seperti berikut ini.

1 dari 2

Buah yang Tepat untuk Salad Buah Beserta Manfaatnya

1. Buah Apel

Apel mampu menurunkan kolestrol jahat dan meningkatkan kolestrol baik. Buah ini memiliki kandungan antioksidan flavonoid yang dapat menurunkan risiko asma dan penyakit paru-paru Obstruktif Kronis (PPOK).

2. Buah Nanas

Nanas adalah salah satu buah yang memiliki vitamin C sangat tinggi. Satu iris nanas sudah mamenuhi kebutuhan vitamin C setiap hari.

Jenis buah ini juga memiliki kandungan zat yang dapat meredakan peradangan.

3. Alpukat

Alukat mengandung lemak baik atau lemak tak jenuh. Kandungan itu baik bagi kesehatan jantung. Jenis buah ini juga kaya kalium dan serat.

4. Anggur

Anggur adalah salah satu buah yang kaya akan antioksidan dan zat antiradang. Misalnya anggur merah, ungu, maupun hijau.

5. Stroberi

Stroberi memiliki kandungan indeks glikemik yang rendah. Jenis buah ini juga memiliki zat antioksidan yang tinggi.

2 dari 2

Gunakan Yogurt bukan Mayones

Banyak orang yang membuat salad buah menggunakan mayones. Namun, akan lebih baik jika diganti yogurt. Alasannya, mayones memiliki lemak dan kalori tinggi.

Sedangkan yogurt mengandung kalsium dan bakteri baik yang baik bagi tubuh, khususnya pencernaan.

Selain itu, salad akan lebih baik lagi jika tidak ditambahkan topping keju. Mengapa demikian? Karena kandungan lemak dan kalorinya tinggi.

Sumber: Bola.com/Penulis: Novie Rachmayanti, Editor: Yus Mei Sawitri, Published 11 Oktober 2019