FOLLOW US:


Seperti Narkoba, Gaming Juga Berbahaya untuk Pesepak Bola Profesional

29-03-2019 15:30
Seperti Narkoba, Gaming Juga Berbahaya untuk Pesepak Bola Profesional
Google Stadia Controller. © AP

Bola.net - Pelatih Southampton, Ralph Hasenhuttl meyakini pesepak bola profesional membutuhkan dukungan dan perlindungan supaya tidak terjatuh pada kondisi kecanduan bermain gim. Dia percaya banyak pesepak bola modern yang mencari pelarian dan hiburan dengan bermain gim.

Pada umumnya pemain-pemain muda dan beberapa pemain senior memilih menghabiskan waktu bersama untuk bermain gim. Tentu saja mereka memainkan gim simulasi sepak bola seperti FIFA 19 atau PES 2019 dengan menggunakan tim kesayangan mereka.

Biar begitu, juga tidak sedikit pemain yang lebih senang bermain gim-gim kompetitif seperti Fortnite, PUBG, dan beberapa gim lain - Neymar dan Griezmann melakukannya. Di satu sisi, gim adalah sarana untuk mengalirkan kejenuhan. Di sisi lain, gim-gim tersebut bisa mengganggu tugas-tugas pemain pemain.

Sisi kedua inilah yang disoroti oleh Hasenhuttl. Baca ulasan selengkapnya di bawah ini ya, Bolaneters!

1 dari 2

Kecanduan yang Berbahaya

Menurut Hasenhuttl, kecanduan bermain gim sama berbahayanya dengan alkoholisme atau kecanduan narkoba. Sebab itu, dia berharap para pemain mendapatkan perlindungan khusus dari risiko tersebut.

"Gaming adalah sesuatu yang harus anda lawan dan saya akan melakukan itu. Saya sudah melakukannya di klub terakhir saya [RB Leipzig]," ujar Hasenhuttl di Sky Sports.

"Kami mendapati masalah pada para pemain - mereka bermain gim sampai jam tiga subuh sebelum pertandingan."

"Anda harus aktif dan membantu melindungi mereka sebab ini bukanlah masalah kecil," lanjut dia.

2 dari 2

Bantuan Klub

Alhasil, Hasenhuttl berharap setiap klub mau mengambil langkah khusus untuk membuat kebijakan terkait gaming addiction ini. Mereka tidak perlu mengekang pemain, hanya cukup membatasi waktu wajar untuk bermain gim.

"Sejujurnya, masalah ini [kecanduan gim] sama seperti alkoholisme atau kecanduan narkoba dan sejenisnya."

"Gim membuat anda ketagihan dan anda harus melindungi para pemain, itulah yang harus kami lakukan sebagai klub," imbuh Hasenhuttl.

"Melindungi berarti kami harus membantu mereka supaya tidak menghabiskan waktu terlalu banyak untuk bermain gim saja. Saya akan selalu aktif pada diskresi ini," tutupnya.