FOLLOW US:


Singapura Layangkan Protes usai Tak Dapat Makanan Halal di SEA Games 2019

26-11-2019 13:00

 | Anindhya Danartikanya

Singapura Layangkan Protes usai Tak Dapat Makanan Halal di SEA Games 2019
SEA Games 2019 Filipina. © Wikipedia

Bola.net - Kontroversi kembali diciptakan oleh panitia SEA Games 2019 Filipina (PHISGOC). Mereka dianggap mengabaikan saran untuk menyediakan menu makanan halal bagi para atlet muslim yang bakal berkompetisi, yakni kritik yang dilayangkan Kontingen Singapura lewat surat protes.Tak hanya masalah transportasi dan infrastruktur venue yang belum selesai, kini masalah yang muncul adalah ketersediaan makanan halal untuk kontingen dari negara-negara yang mengikutsertakan atlet muslim, seperti Singapura, Indonesia, Brunei Darussalam, dan Malaysia.

Singapura jadi yang pertama mengajukan protes melalui Chef de Mission (CdM), Juliana Seow. CdM Singapura menuliskan surat kepada PHISGOC mengenai atlet yang dapat makanan non-halal. Akibatnya Kontingen Singapura memesan sendiri makanan yang akan mereka konsumsi.

1 dari 1

Sudah Diperingatkan NCMF

"Kami coba untuk sabar dan pengertian. Kami coba menyelesaikan situasi sendiri maupun dengan olahraga kami. Situasi ini tak dapat berlanjut lebih jauh karena atlet kami sangat terpengaruh dan tak dapat mempersiapkan diri bermain secara efektif," ujar Seow seperti dilansir Rappler.

Ternyata, sebelumnya PHISGOC sudah mendapat peringatan dari Komisi Muslim Filipina (NCMF) yang meminta mereka memperhatikan dan memastikan delegasi dari negara-negara Islam mendapatkan makanan halal.

"Saya telah memperingatkan mereka mengenai hal ini. Makanan halal selama pertemuan antarlembaga untuk SEA Games 2019 pada September lalu dan menawarkan bantuan dari NCMF. Kami diabaikan," ujar NCMF external affairs director, Dimapuno Alonto Datu Ramos Jr.

Disadur dari: Bolacom/Penulis: Benediktus Gerendo Pradigdo/Editor: Aning Jati/Dipublikasi: 26 November 2019