FOLLOW US:


Strategi Menabung yang Tepat untuk Wujudkan Mimpi Nonton Langsung Tim Favoritmu

03-09-2019 14:41
Strategi Menabung yang Tepat untuk Wujudkan Mimpi Nonton Langsung Tim Favoritmu
© Shutterstock

Bola.net - Punya klub sepak bola favorit? Bisa mengunjungi markas atau bahkan menonton pertandingannya secara langsung bisa jadi impianmu sebagai pecinta bola. Baik fans Manchester United di Inggris, Barcelona di Spanyol, Bayern Munich di Jerman, hingga Inter Milan di Italia, mengunjungi negara-negara di Benua Eropa ini bukan hanya impian, lho.

Walau butuh biaya yang cukup besar, kamu hanya perlu menerapkan strategi menabung yang tepat seperti berikut ini.

Tentukan Bujet

Langkah pertama yang wajib dilakukan adalah memilih tujuan dan menentukan anggaran yang tepat. Bukan hanya biaya transportasi, tapi juga menyangkut akomodasi hingga biaya paket tour stadion atau tiket menonton pertandingan tim sepak bola favoritmu.

Cari informasi sebanyak-banyaknya, baik dengan browsing hingga bertanya di forum pecinta bola. Dalam susunan anggaran yang akan dibuat, perkirakan biaya yang diperlukan dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai nominal tersebut.

Buka Rekening Tabungan Khusus

Ini saatnya menyisihkan gaji bulanan untuk dana liburan impianmu. Jangan jadikan satu dengan dana lainnya, sebaiknya ajukan aplikasi bank untuk membuka tabungan khusus. Tentukan jumlah dana minimal yang wajib ditabung setiap bulannya dan segera transfer dana ke rekening khusus tersebut setiap kali menerima gaji. Jika perlu, gunakan auto-debet dari rekening gaji ke tabungan liburan tersebut.

Lakukan Penghematan

Selama ini gaji yang diterima sudah dibagi menjadi beberapa pos pengeluaran. Selain untuk kebutuhan sehari-hari, penghasilan pun dibagi untuk tabungan, membayar cicilan, hingga investasi. Penambahan satu rekening tabungan khusus untuk liburan membuatmu harus lebih berhemat.

Tak perlu minder membawa bekal makan siang atau membatasi intensitas nongkrong bareng sahabat. Jangan lupa batasi penggunaan kartu kredit agar cicilannya nggak mengganggu tabunganmu. Sebagai pengingat, bayangkan keseruan yang bakal dialami saat bisa menginjakkan kaki di markas klub sepak bola favoritmu.

Miliki Penghasilan Tambahan

Jangan hanya mengandalkan pada gajimu semata, nggak ada salahnya untuk mencari penghasilan tambahan yang bikin perjalananmu mengumpulkan dana berlibur jadi makin mulus. Gunakan kemampuan atau hobi unikmu untuk mendulang uang. Misalnya mendesain kaus bola, hingga membuka jastip alias jasa titip barang-barang. Selain itu, lirik lowongan sebagai penulis freelance review pertandingan atau jadikan blog sebagai portofoliomu.

Jual Koleksimu

Berat memang, apalagi barang-barang koleksi yang jadi kesayangan atau butuh perjuangan tersendiri untuk mendapatkannya. Tapi kepuasan untuk melihat langsung stadion tempat tim sepak bola kesayanganmu atau euforia saat berada di tengah barisan fans yang meneriakkan yel-yel tentunya tak bisa digantikan. Relakan beberapa koleksi yang bisa dijual dengan harga tinggi untuk membantumu mengumpulkan dana demi berangkat ke negara tujuan.

Liburan ke negara-negara yang jadi surganya para pecinta bola ini memang butuh biaya yang cukup besar. Tapi dengan menerapkan tips keuangan ini, rencanamu bisa berubah jadi pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan.