FOLLOW US:


Tentang Guard of Honour: Apakah Itu Wajib dan Kapan Pertama Dilakukan?

29-06-2020 15:08

 | Asad Arifin

Tentang Guard of Honour: Apakah Itu Wajib dan Kapan Pertama Dilakukan?
Guard of honour, tradisi penghormatan pada laga pertama tim yang baru saja menjadi juara. © Twitter @Coral

Bola.net - Liverpool telah memastikan gelar juara Premier League 2019/2020. Seperti yang lazim terjadi di sepak bola, pada laga pertama klub juara, mereka akan mendapatkan guard of honour dari lawan yang dihadapi.

Liverpool juara Premier League di pekan ke-31, usai Manchester City kalah dari Chelsea. Liverpool telah mendapatkan 86 poin dan Man City dengan 63 poin tidak bisa menyusul dengan tujuh laga tersisa.

Bagi Liverpool gelar juara musim 2019/2020 menjadi momen yang heroik. Sebab, The Reds harus menunggu hingga 30 tahun lamanya untuk bisa menjadi juara liga. Ini adalah gelar Premier League pertama Liverpool.

Pada laga pertamanya setelah resmi menjadi juara, Liverpool bisa saja mendapat gelar guard of honour saat berjumpa Man City. Lantas, apa yang dimaksud dengan guard of honour dan seperti apa sejarahnya? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 4

Apa itu Guard of Honour?

Secara sederhana, guard of honour adalah prosesi memberi penghormatan bagi klub yang baru saja menjadi juara dari klub lawannya. Biasanya, ini dilakukan pada laga perdana usai kepastian didapatnya gelar juara.

Tim juara akan masuk ke lapangan belakangan, sedangkan tim lawan akan membentuk dua barisan untuk menyambut mereka masuk lapangan. Pemain dari tim juara akan masuk lapangan dengan tepuk tangan dan ucapan selamat.

Guard of honour sebenarnya tidak diatur secara resmi oleh FIFA. Tak ada kewajiban bagi klub atau federasi untuk melakukan seremonial seperti ini. Namun, prosesi ini sudah bisa dilakukan sehingga nampak seperti kewajiban.

Di Inggris misalnya, pada 2007 lalu, Chelsea dengan besar hati memberi guard of honour pada Manchester United yang menjadi liga. Padahal, tidak ada kewajiban untuk melakukan guard of honour.

2 dari 4

Kapan Tradisi ini Dimulai?

Guard of honour rupanya punya sejarah panjang di sepak bola dan bukan dimulai baru-baru ini saja. Semuanya dimulai pada 1955 silam, ketika Manchester Unired berjumpa Chelsea yang baru saja menjadi juara liga.

Pada 1991, Manchester United juga memberikan guard of honour kepada Arsenal yang menjadi juara. Saat itu, laga di gelar Highbury.

Kabar yang berbedar, United diduga memberi guard of honour pada Arsenal karena mereka memastikan gelar usai mengalahkan Liverpool. United punya jejak rivalitas yang klasik dengan Liverpool.

Pada 2000-an, tradisi memberikan guard of honour hampir selalu dilakukan klub Premier League.

Pada musim 2018/2019 lalu, Man City tidak mendapatkan guard of honour. Sebab, pasukan Pep Guardiola memastikan gelar juara pada laga terakhir. Mereka bersaing ketat dengan Liverpool dan hanya unggul satu poin saja.

3 dari 4

Jadi Kontroversi bagi Barcelona dan Real Madrid

Guard of honour juga berlaku di liga selain Inggris. Di Spanyol dan Italia pun berlaku kebiasaan yang sama. Akan tetapi, guard of honour sempat membuat rivalitas Barcelona dan Real Madrid memanas.

2018 lalu, Real Madrid menolak untuk memberikan guard of honour kepada Barcelona. Saat itu, Barcelona baru saja memenangkan La Liga, akan tetapi Real Madrid menolak memberi guard of honour pada sang rival saat berlaga di Camp Nou.

Sebelumnya, pada 2017, Barcelona lebih dulu menolak memberi guard of honour pada Real Madrid. Ketika itu, Real Madrid baru saja menjadi juara Piala Dunia Antarklub dan Barcelona adalah lawan pertamanya.

"Kami akan memperjelas, kami hanya akan ikut melakukannya (Guard of Honour) jika kami terlibat dalam kompetisi tersebut," ucap Guillermo Amor, Direktur Hubungan Kelembagaan Barcelona seperti dikutip AS.

Barcelona pernah memberikan Guard of Honour pada Real Madrid ketika klub rivalnya tersebut menjadi juara La Liga pada 2008.

4 dari 4

Liverpool Dapat Guard of Honour di Stadion Etihad?

Liverpool Dapat Guard of Honour di Stadion Etihad?
Fans Liverpool rayakan kesuksesan tim kesayangannya jadi juara liga untuk yang ke-19 kali. © AP Photo

Laga pertama yang dimainkan Liverpool usai dipastikan juara Premier League bakal digelar pada Jumat (3/7/2020) mendatang. The Reds bakal berkunjung ke markas Manchester City, di Stadion Etihad.

Dua musim terakhir, kedua tim menjalani persaingan ketat. Lantas, apakah Man City akan memberikan guard of honour pada Liverpool?

"Kami akan melakukan guard of honour tentunya," tegas manajer Man City, Josep Guardiola seperti dilansir BBC.

"Kami akan menyambut Liverpool, ketika datang ke rumah kami, dengan cara yang luar biasa. Kami akan melakukannya karena mereka layak mendapatkannya," terangnya.

Sumber: Berbagai Sumber