FOLLOW US:


Greysia Polii-Hendra Setiawan Ditunjuk Jadi Kapten Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2020

08-10-2021 13:43

 | Anindhya Danartikanya

Greysia Polii-Hendra Setiawan Ditunjuk Jadi Kapten Indonesia di Piala Thomas dan Uber 2020
Greysia Polii dan Hendra Setiawan © Twitter/INABadminton

Bola.net - Tim bulu tangkis Indonesia akhirnya menunjuk Hendra Setiawan dan Greysia Polii sebagai kapten untuk turnamen Piala Thomas dan Uber 2020. Hendra akan jadi kapten tim putra, sementara Greysia akan jadi tim kapten putri. Demikian yang diumumkan PBSI pada Kamis (7/10/2021).

Hendra jadi pemain paling senior di tim Indonesia untuk Piala Thomas 2020, begitu juga Greysia di tim Piala Uber 2020. "Perkenalkan kapten kami. Hedra Setiawan dan Greysia Polii," tulis PBSI melalui akun media resminya.

Piala Thomas dan Uber 2020 pun akan bergulir mulai 9-17 Oktober mendatang, dan tim Indonesia sudah mulai berlatih di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, sejak Kamis pagi. Mereka pun mencicipi latihan pertama di arena, namun sesi hanya berlangsung sejam.

Kendati singkat, pemain menjalani latihan dengan sungguh-sungguh. Sebanyak 24 pemain yang terdiri atas 12 pemain putra dan 12 putri di bawah arahan pelatih masing-masing, tidak mau kehilangan momen. Mereka memanfaatkan sesi ini dengan optimal.

1 dari 2

Latihan Tim Putra

Latihan Tim Putra
Anthony Sinisuka Ginting, tunggal putra bulu tangkis Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020. © AP Photo

Pada tiga puluh menit pertama, tim Piala Thomas berlatih teknik. Ini karena hanya ada tiga lapangan yang tersedia di arena yang berkapasitas sekitar 5000 kursi. Sektor tunggal putra pun berlatih bersama. Anthony Sinisuka Ginting berpartner dengan Jonatan Christie bertanding melawan Shesar Hiren Rhustavito dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Di kelompok ganda putra, Hendra Setiawan berpasangan dengan Mohammad Ahsan berlatih melawan Marcus Fernaldi Gideon dan Fajar Alfian. Di lapangan lain, Kevin Sanjaya Sukamuljo berduet dengan Rian Ardianto, dan berlatih tanding dengan Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin.

Beberapa saat kemudian, formasi pemain ganda berlatih sesuai dengan pasangannya masing-masing. Mereka juga berpindah lapangan dari lapangan satu ke lapangan kedua, dan lanjut ke lapangan ketiga.

Sementara tim putra berlatih teknik, tim Piala Uber sambil menunggu giliran melakukan pemanasan dan latihan fisik ringan dengan joging di pinggir lapangan. Mereka baru berlatih teknik setelah tim putra rampung.

2 dari 2

Adaptasi Lapangan

Adaptasi Lapangan
Gregoria Mariska Tunjung © AP Photo

Di tim ganda putri, Greysia berlatih bersama Febby Valencia menghadapi Ribka Sugiarto/Siti Fadia Silva Ramadhanti. Sebelumnya Greysia/Febby menjajal Nita Violina Marwah/Putri Syaikah. Lalu, Ribka/Fadia berjibaku melawan Apriyani Rahayu/Jesita Putri Miantoro.

Di tunggal putri, empat pemain juga berlatih bersama. Gregoria Mariska melawan Nandini Putri Arumi, dan Ester Nurumi Tri Wardoyo melawan Putri Kusuma Wardani. Semua ini dilakukan agar pemain bisa cepat adaptasi di ketiga lapangan. Mereka harus beradaptasi dengan arah angin, tata lampu, dan jenis shuttlecock yang digunakan.

Menurut Kabid Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky, semua pemain dalam kondisi baik dan berlatih penuh gairah dan semangat. "Hari ini kami bisa menjajal lapangan. Kami manfaatkan sebaik mungkin kesempatan. Kami berharap pemain bisa beradaptasi secepat mungkin dengan arena. Kita masih memiliki dua hari lagi untuk berlatih di sini dan beradaptasi sebelum bertanding pada Sabtu mendatang," ujarnya.

Disadur dari: Bolacom (Yus Mei Sawitri) | Dipublikasi: 7 Oktober 2021