Hasil Piala Thomas 2022: Anthony Ginting Menang Dramatis, Indonesia 1-0 China

Dimas Ardi Prasetya | 12 Mei 2022 20:57
Anthony Sinisuka Ginting saat berlaga di Thomas & Uber Cup di Bangkok, Thailand, Rabu (11/05/2022). (c) AP Photo

Bola.net - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, berhasil mengawali laga perempat final Piala Thomas 2022 melawan China dengan kemenangan.

Anthony Ginting menang lewat rubber-game, 21-12, 25-27, 21-17, atas tunggal putra China, Zhao Jun Peng, Kamis (12/5/2022) malam WIB. Hasil ini memberikan keunggulan 1-0 untuk tim Indonesia.

Anthony Ginting mengawali gim pertama dengan sangat baik. Tunggal putra Indonesia itu mengawalinya sebuah dropshot yang sangat baik dan menjadi poin pertama baginya.

Setelah Zhao Jun Peng gagal mengembalikan bola yang berbuah poin kedua bagi Anthony Ginting, tunggal putra Indonesia itu mampu unggul 5-0 lewat tiga pukulan smash keras.

Meski perlahan Zhao Jun Peng mulai mendapatkan poin demi poin, Anthony Ginting tidak mengendurkan tekanan untuk terus mendapatkan lebih banyak poin hingga akhirnya unggul 11-4 pada interval gim pertama.

Setelah itu, Anthony Ginting mampu menambah keunggulan hingga 13-4, hinga pada akhirnya Zhao Jun Peng berusaha untuk mendapatkan satu per satu poin yang dibutuhkannya.

Sayangnya, upaya Zhao Jun Peng tak bisa berdampak terlalu besar. Meski pada akhirnya mampu meraih 12 poin, Anthony Ginting tetap mampu menutup gim pertama dengan kemenangan 21-12.

1 dari 3 halaman

Sempat Unggul, Kemudian Sengit, Gim Kedua Melayang

Pada awal gim kedua, giliran Zhao Jun Peng yang berhasil meraih poin pertama. Namun, Anthony Ginting tak ingin memberikan angin terlalu besar kepada lawannya itu dan berbalik unggul 2-1.

Anthony Ginting pun kemudian berhasil kembali ke performa terbaiknya dan mampu unggul hingga 5-2. Meski Zhao Jun Peng terus mencoba mendapatkan poin, Anthony Ginting mampu unggul 7-3.

Sayangnya, Anthony mulai mengendur ketika posisi unggul 9-5. Zhao Jun Peng pun mendapatkan tiga poin beruntun yang membuat kedudukan menjadi 9-8 untuk keunggulan Ginting. Jalannya pertandingan menjadi sangat ketat, tapi Anthony Ginting tetap mampu unggul 11-9 saat interval gim kedua.

Sebuah smash keras menjadi awal dari Anthony Ginting untuk membuat kedudukan menjadi 12-9 setelah interval demi meraih kemenangan di gim kedua dan memastikan poin pertama bagi tim Thomas Indonesia.

Namun, ketika Anthony Ginting mampu unggul hingga 14-9, Zhao Jun Peng mulai kembali bersemangat untuk mendapatkan poin. Pertarungan kedua tunggal putra ini makin menarik hingga akhirnya Zhao Jun Peng mampu menyamakan kedudukan pada posisi 16-16.

Duel kedua tunggal putra ini pun makin ketat pada akhir gim kedua. Anthony Ginting yang sempat tertinggal 16-17 mampu bangkit dan berbalik unggul lagi menjadi 18-17 berkat smash keras dari jarak dekat karena pengembalian tanggung dari Zhao Jun Peng.

Kecepatan permainan dari Anthony Ginting pun mulai membuat Zhao Jun Peng kewalahan lagi pada akhir gim kedua ini. Namun, tunggal putra China itu tidak menyerah dan membuat kedudukan kembali imbang 19-19.

Pertarungan ketat Anthony Ginting dan Zhao Jun Peng makin ketat dan akhirnya memaksa gim kedua berlanjut dengan deuce setelah kedudukan imbang 20-20. Ketegangan dan kejar-mengejar poin berlangsung cukup lama hingga akhirnya Zhao Jun Peng mampu memastikan kemenangan di gim kedua dengan skor 27-25 dan memaksa pertandingan dilanjutkan dengan rubber-game.

2 dari 3 halaman

Sempat Keteteran, Berhasil Amankan Kemenangan

Pada gim ketiga Zhao Jun Peng, yang tampaknya memang terlambat panas dalam pertandingan ini, mulai berusaha mendominasi. Tunggal putra China itu mampu unggul hingga 5-1 atas Anthony Ginting pada awal gim ketiga.

Zhao Jun Peng berusaha terus meninggalkan torehan poin Anthony Ginting hingga akhirnya tunggal putra Indonesia itu mampu membuat kedudukan menjadi imbang 7-7. Permainan pun kembali ketat dengan kejar mengejar poin terjadi hingga saat interval gim terakhir ini kedudukan 11-9 untuk keunggulan Anthony Ginting.

Namun, setelah interval Zhao Jun Peng kembali memberi perlawanan sengit kepada Anthony Ginting dan membuat kedudukan menjadi imbang 11-11.

Anthony Ginting mampu bangkit lagi dan meraih tujuh poin beruntun yang membuatnya unggul 18-11. Sayangnya, fokus Anthony seperti hilang dan Zhao Jun Peng berusaha melakukan yang sama dengan meraih enam poin beruntun dan membuat kedudukan menjadi 18-17.

Namun, Anthony Ginting kembali menjauh dan berhasil mendapatkan tiga poin beruntun yang memastikan kemenangan 21-17 di gim ketiga sekaligus memastikan poin pertama Indonesia atas China di perempat final Piala Thomas 2022.

Berita Terkait

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR