FOLLOW US:


Menpora Imam Nahrawi Soal Audisi Djarum: Mestinya Jalan Terus

08-09-2019 20:17

 | Dimas Ardi Prasetya

Menpora Imam Nahrawi Soal Audisi Djarum: Mestinya Jalan Terus
Imam Nahrawi © Fitri Apriani

Bola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi menyatakan audisi umum beasiswa bulutangkis Djarum mestinya terus dilanjutkan.

Belakangan ini dunia bulutangkis di tanah air tengah dihebohkan oleh adanya tudingan bahwa pihak Djarum melakukan eksploitasi anak saat menggelar audisi olahraga tepok bulu itu. Tudingan tersebut dilontarkan oleh KPAI.

KPAI mendesak menghentikan penggunaan anak sebagai promosi brand image dalam kegiatan audisi tersebut. Pada akhirnya Bakti Olahraga Djarum Foundation mengambil keputusan untuk menghentikan Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis mulai tahun 2020 mendatang.

Keputusan itu diumumkan Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin, dalam acara konferensi pers, di Hotel Aston, Purwokerto, Sabtu (7/9/2019). Keputusan itu diambil jelang dilaksanakannya rangkaian kedua audisi umum tahun ini, yang diselenggarakan mulai Minggu (8/9/2019) hingga Selasa (10/9/2019), di GOR Satria, Purwokerto.

"Sesuai dengan permintaan pihak terkait, pada audisi kali ini kita menurunkan semua brand PB Djarum. Pihak PB Djarum sadar untuk mereduksi polemik itu kami menurunkannya," kata Yoppy, seperti dilansir situs Djarum Badminton.

"Kedua, kaus yang dibagikan kepada anak-anak tidak akan kami bagikan lagi seperti sebelumnya. Mereka akan memakai kaus asal klubnya masing-masing, dan itu sudah lebih dari cukup. Kami sudah memutuskannya, tidak ada deal-dealan lagi, diterima atau tidak, kami sudah memutuskan seperti itu," tuturnya.

"Kemudian pada Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis kali ini juga saya sampaikan sebagai ajang untuk pamit sementara waktu, karena pada 2020 kami memutuskan menghentikan audisi umum. Memang ini disayangkan banyak pihak, tetapi demi kebaikan bersama kami hentikan dulu, biar reda dulu. Masing-masing pihak agar bisa berpikir dengan baik," ujar Yoppy.

1 dari 1

Reaksi Menpora

Polemik ini akhirnya membuat Menpora angkat bicara. Melalui akun Instagram resmi miliknya, Imam Nahrawi mengatakan bahwa audisi tersebut harusnya tetap dipertahankan.

Pasalnya, audisi itu sudah terbukti menelurkan atlet berprestasi. Bahkan, atlet-atlet itu mampu mengharumkan nama Indonesia di level dunia.

 (c) Instagram
(c) Instagram

"Mestinya jalan terus karena tidak ada unsur eksploitasi anak. Bahkan Audisi Djarum sudah melahirkan juara-juara duni. Lagipula, olahraga itu butuh dukungan sponsor. Ayo lanjutkan," tulis Menpora.

Selain itu, Imam Nahrawi juga mengatakan pihak Kemenpora akan akan membuat pernyataan resmi atas hal tersebut. "Kami buat sikap resmi Kemenpora setelah ini. Bagaimana pendapat Anda tentang Audisi Djarum Foundation? - IN."

(Instagram)