FOLLOW US:


Menpora Ingin Indonesia Bawa Pulang Piala Sudirman

15-05-2013 17:45
Menpora Ingin Indonesia Bawa Pulang Piala Sudirman
Menpora ingin Indonesia bawa pulang Piala Sudirman.
Bola.netBola.net - Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo berharap atlet-atlet bulutangkis terbaik Indonesia mampu membawa pulang Piala Sudirman yang selama ini dikuasai dua negara, yakni Korea Selatan dan China.

"Kami berharap atlet-atlet terbaik kita mampu merebut kembali Piala Sudirman. Mohon doa restunya," katanya di sela diskusi kepemudaan bertajuk Peran Pemuda dan Mahasiswa dalam Pembangunan Karakter Bangsa di Universitas Semarang, Rabu (15/5).

Selama ini, Indonesia hanya pernah sukses sekali merebut Piala Sudirman, yakni saat kejuaraan tersebut digelar pada 24-29 Mei 1989. Saat itu Indonesia yang menjadi tuan rumah sukses menumbangkan Korea Selatan 3-2.

Setelah melihat persiapan atlet yang telah dilakukan, pihak Roy pun optimis hasil terbaik bisa diraih. Saat ini prestasi atlet bulu tangkis Indonesia terus mengalami peningkatan meski belum semuanya sesuai dengan harapan.

"Sudah saatnya kita bangkit kembali menjadi yang terbaik," kata pria yang juga ahli telematika itu.

Untuk menghadapi Piala Sudirman di Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala lumpur, Malaysia, 19-26 Mei, Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) telah menyiapkan 19 pemain terbaik saat ini.

Atlet yang diberangkatkan di antaranya adalah Lindaweni Fanetri, Aprilia Yuswandari, Bellatrix Manuputty, Tommy Sugiarto, Dionysius Hayom Rumbaka, Angga Pratama, Rian Agung Saputro, Muhammad Ahsan, Hendra Setiawan, Greysia Polii, Lilyana Natsir, Tontowi Ahmad, Muhammad Rijal, Debby Susanto dan Fran Kurniawan Teng.

Sepanjang sejarah Piala Sudirman, hanya enam negara yang telah berhasil mencapai babak semifinal yakni Indonesia, Korea Selatan, Inggris, Malaysia, China, dan Denmark.

Sementara dari enam negara yang masuk semifinal, Korea Selatan dan China lah yang paling banyak meraih kemenangan. Korea Selatan menang sebanyak tiga kali dan China mampu merebut gelar Piala Sudirman sebanyak delapan kali.

Adapun nomor yang akan dipertandingkan pada Piala Sudirman 2013 di Putra Stadium, Bukit Jalil, Kuala lumpur, Malaysia adalah tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri serta ganda campuran.