10 Kandidat Pemenang Ballon dOr 2021: Pilih Ronaldo, Messi, atau Lewandowski?

Asad Arifin | 2 Maret 2021 15:25
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - Ballon d’Or edisi 2020 harus ditiadakan karena dampak pandemi COVID-19 yang melanda. Jadi, persaingan untuk mendapat gelar Ballon d’Or edisi 2021 diprediksi akan sangat seru.

Ballon d’Or menjadi salah satu penghargaan paling bergengsi di depak bola. Peraih penghargaan yang diprakarsai majalah France Football itu bisa menyandang gelar pemain terbaik dunia.

Sejauh ini, Lionel Messi menjadi pemain dengan trofi Ballon d’Or paling banyak. La Pulga punya enam trofi di rumahnya. Lalu, ada nama Cristiano Ronaldo yang punya enam gelar juara.

Lantas, bagaimana persaingan menuju gelar Ballon d’Or berdasar performa para pemain hingga Maret 2021? Simak 10 kandidatnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 10 halaman

Thomas Muller

Thomas Muller menemukan kehidupan kedua di Bayern Munchen bersama Hansi Flick. Dia kembali menjadi pemain yang sudah ditebak lawan ketika berada di dalam kotak penalti. Muller acap kali berada di posisi yang menentukan.

Sejauh ini, pada musim 2020/2021, Muller telah mencetak 10 gol dan 11 assist dari 21 laga di pentas Bundesliga.

Jika performanya konsisten dan mampu membawa Bayern mendekati capaian gelar musim lalu, bukan tidak mungkin Thomas Muller akan meraih Ballon d'Or.

2 dari 10 halaman

Romelu Lukaku

Romelu Lukaku menjelma sebagai 'monster' di lini depan Inter Milan. Bomber asal Belgia itu punya kemampuan yang sangat prima dari sisi skill, ketenangan, kecepatan, dan naluri mencetak gol.

Romelu Lukaku telah mencetak 18 gol di Serie A dari 23 laga yang dimainkan.

Pemain 27 tahun juga membawa Inter Milan memimpin klasemen Serie A. Peluang meraih scudetto pun terbuka lebar. Jika mampu membawa mampu membawa Inter meraih scudetto, ditambah gelar Liga Europa, Lukaku bisa bermimpi tentang gelar Ballon d'Or.

3 dari 10 halaman

Ilkay Gundogan

Ilkay Gundogan tampil di atas ekspektasi pada musim 2020/2021. Saat Sergio Aguero cedera dan Gabriel Jesus belum konsisten, gelandang timnas Jerman itu menjadi solusi gol bagi Manchester City.

Gundogan juga membuat Man City tetap tampil solid ketika Kevin De Bruyne harus absen karena cedera.

Gundogan menjadi top skor Man City dengan 11 golnya di Premier League. Jika membawa Man City juara Premier League, ditambah gelar Liga Champions, maka nama Gundogan patut dipertimbangkan untuk meraih Ballon d'Or.

4 dari 10 halaman

Joshua Kimmich

Joshua Kimmich menjadi 'unsung hero' di Bayern Munchen. Dia tidak mendapat banyak apresiasi layaknya Robert Lewandowski yang mencetak banyak gol atau Thomas Muller yang tampil gemilang.

Kimmich sangat penting bagi Die Roten. Dia menjadi pengatur ritme permainan. Kimmich bisa membaca situasi di lapangan dengan baik dan mengontrol laga lewat akurasi umpan-umpannya.

Sejauh ini, Kimmich menjadi top assist di Bundesliga dengan catatan 10 assist.

5 dari 10 halaman

Erling Haaland

Borussia Dortmund mungkin tidak cukup impresif pada musim ini. Akan tetapi, Erling Haaland tampil luar biasa secara individu dengan gol-gol dan aksi yang sangat memikat.

Erling Haaland telah mencetak delapan gol dari liga laga di Liga Champions dan memimpin daftar top skor sementara. Pemain 20 tahun juga tampil tajam di pentas Bundesliga dengan 17 gol 18 laga.

Jika tidak meraih Ballon d'Or musim ini, Haaland bisa meraihnya di masa depan.

6 dari 10 halaman

Bruno Fernandes

Manchester United tersingkir dari Liga Champions dan kesulitan mengejar Man City di Premier League. Namun, peluang bagi Bruno Fernandes untuk meraih Ballon d'Or masih terbuka lebar.

Fernandes telah mencetak 15 gol dan 10 assist dari 26 laga di Premier League. Dia terlibat dalam 47 persen proses gol Setan Merah.

Fernandes masih bisa membuktikan kualitasnya di Liga Europa, Piala FA, dan Euro 2020. Jika mampu konsisten dan bersinar laga-laga big match, pemain 26 tahun punya kans meraih Ballon d'Or.

7 dari 10 halaman

Kylian Mbappe

Hattrick ke gawang Barcelona jadi pertanda serius bahwa Kylian Mbappe adalah kandidat peraih Ballon d'Or. Jika tidak pada edisi 2021, maka Mbappe bisa meraihnya di masa depan.

Mbappe adalah momok bagi setiap pemain belakang lawan. Dia cepat, cerdas, dan tajam.

Musim lalu, Mbappe membawa PSG ke final Liga Champions. Andai prestasi serupa terulang pada musim 2020/2021 ini, apalagi jika juara, Mbappe mungkin akan meraih Ballon d'Or.

8 dari 10 halaman

Lionel Messi

Barcelona tidak dalam performa bagus dalam dua musim terakhir. Akan tetapi, Lionel Messi tetap Lionel Messi. Dia selalu tampil memukuau walau diselimuti banyak masalah di luar lapangan.

Lionel Messi tetap mencetak banyak gol dan sangat menentukan bagi Barcelona. Messi telah mencetak 19 gol dari 23 laga di La Liga dan memimpin daftar top skor sementara.

Peluang Messi meraih Ballon d'Or bakal terbuka jika meraih gelar juara bersama Barcelona.

9 dari 10 halaman

Cristiano Ronaldo

Ronaldo sudah berusia 36 tahun pada 2021 ini. Namun, Ronaldo masih menjadi figur paling vital di Juventus. Ronaldo pun diyakini masih sangat menentukan bersama Portugal di Euro 2020 nanti.

Ronaldo mungkin akan meraih Ballon d'Or keenam dalam karirnya akhir tahun nanti. Syaratnya, dia harus membawa Juventus berjaya di Liga Champions dan tampil bagus bersama Portugal di Euro.

10 dari 10 halaman

Robert Lewandowski

Lewandowski diyakini pantas untuk mendapatkan Ballon d'Or edisi 2020 lalu. Pemain asal Polandia itu tampil luar biasa bersama Bayern Munchen. Dia menyabet semua gelar yang mungkin diraih.

Lewandowski jadi unggulan untuk meraih Ballon d'Or 2020. Secara individu, pemain 31 tahun tampil luar biasa. Dia mencetak banyak gol di Liga Champions dan Bundesliga.

Jika konsisten hingga akhir tahun nanti, Lewandowski mungkin akan meraih Ballon d'Or.

Sumber: Ronaldo.com

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR