4 Duet Lini Depan Paling Mematikan di Bundesliga Musim 2020/2021

Asad Arifin | 29 Maret 2021 12:39
Erling Haaland dan Jadon Sancho merayakan gol yang dicetak ke gawang Schalke (c) AP Photo

Bola.net - Bundesliga 2020/2021 menyajikan banyak duet tajam di lini depan pada masing-masing klub. Tidak jarang keberadaan duet tajam ini menjadi kunci sukses dari performa tim yang dibelanya.

Di balik tajamnya Erling Haaland atau Robert Lewandowski, ada pemain lain yang menjadi 'pelayan' bagi mereka. Bukan hanya sekadar memberi assist, mereka juga membuka ruang dan membuat peluang untuk rekannya.

Lewandowski punya partner luar biasa yakni Thomas Muller dalam membantu menciptakan gol. Begitupun Erling Haaland yang memiliki tandem hebat seperti Jadon Sancho yang selalu memberikan peluang manis untuknya di depan gawang lawan. Lalu, siapa saja duet bomber paling mematikan di Bundesliga musim 2020/21?

Berikut 4 duet lini depan paling mematikan di Bundesliga musim ini.

1 dari 4 halaman

Robert Lewandowski & Thomas Muller (Bayern Munchen)

Selebrasi Robert Lewandowski dan Thomas Muller usai bobol gawang Schalke. (c) AP Photo

Setelah 26 laga berlalu di Bundesliga, Robert Lewandowski telah mengemas 35 gol musim ini. Rekor demi rekor sudah ia pecahkan dan Lewandowski sudah mendekati rekor 40 gol dalam satu musim yang dipegang Gerd Muller.

Memiliki tembakan paling banyak di Bundesliga sebesar 112 kali, ia juga jadi pemain dengan persentase keterlibatan gol di angka 52 persen bagi Bayern Munchen. Pencapaian Lewandowski, tak lepas dari keterlibatan rekan duetnya yakni Thomas Muller.

Penyandang julukan ‘Raumdeuter’ itu memainkan peran penting bagi kubu Munchen. Di setiap laganya, Muller selalu bisa membuat gerakan cerdik ataupun umpan manis bagi Lewandowski.

Duet lini depan tersebut merupakan kunci kesuksesan Munchen beberapa musim belakangan. Total, Mereka memiliki 45 gol dan 20 asis.

2 dari 4 halaman

Erling Haaland & Jadon Sancho (Borussia Dortmund)

Erling Haaland merayakan gol ke gawang Borussia Monchengladbach di pekan pertama Bundesliga 2020/2021 bersama Jadon Sancho (c) Dortmund

Erling Haaland menjadi pesaing terkuat Lewandowski dalam produktivitas gol. Haaland juga memiliki catatan fenomenal di Bundesliga dengan 34 gol hanya dalam 36 penampilan. Baru berusia 20 tahun, Haaland juga mampu menjadi topskor sementara Liga Champions dengan 10 golnya.

Duet Erling Haaland dan Jadon Sancho di Dortmund banyak menghadirkan kejutan. Pasalnya, mereka baru bermain bersama di Bundesliga pada 2019/20. Namun, chemistry Sancho dan Haaland begitu kuat di Dortmund.

Apalagi, enam dari sembilan asis yang diciptakan Sancho musim ini berhasil dimanfaatkan Haaland menjadi gol. Wonderkid asal Inggris telah memproduksi 36 gol dan 43 asis setelah 100 penampilan di Bundesliga. Setidaknya, baik Sancho maupun Haaland telah mencetak 33 gol ataupun asis dari total 54 gol dan asis Dortmund di Bundesliga musim ini.

3 dari 4 halaman

Andre Silva & Filip Kostic (Eintracht Frankfurt)

Andre Silva (c) AP Photo

Andre Silva tak mau kalah soal produktivitas gol. Ia berada di urutan kedua bersama Haaland sebagai top skor sementara Bundesliga yang mengemas 21 gol. Pemain asal Portugal itu juga mendekati rekor 26 gol yang dipegang Bernd Holzenbein di Frankfurt dalam satu musim.

Tak kalah hebatnya, Filip Kostic yang merupakan rekan duet Silva jadi pemain paling banyak melakukan umpan silang di liga dengan 148 kali. Kostic juga menjadi pemain kedua setelah Muller dalam hal paling sering menciptakan peluang yakni sebanyak 63 kali.

Bahkan, enam dari 12 asis Kostic musim ini telah membantu Silva menambah pundi-pundi golnya. Frankfurt hanya kalah sekali dari 19 pertandingan jika mereka tampil bersama. Keduanya, terlibat dalam 58 persen dari total 53 gol Frankfurt musim ini.

4 dari 4 halaman

Sasa Kalajdzic & Borna Sosa (VfB Stuttgart)

Penyerang Stuttgart, Sasa Kalajdzic (kiri) (c) DPA via AP Photo

VfB Stuttgart memiliki kombinasi apik yakni Sasa Kalajdzic dan Borna Sosa di lini depan mereka. Stuttgart juga berhasil menduduki peringkat sembilan di Bundesliga. Kedua nama inilah yang harus diapresiasi oleh publik Stuttgart.

Kalajdzic dan Sosa, memiliki chemistry kuat di lapangan. Kalajdzic merupakan pencetak gol terbanyak Stuttgart dengan 13 gol. Sementara, Sosa menjadi bek sayap yang paling sering memberikan umpan di liga sebanyak 97 kali setelah Kostic.

Tim asuhan Pellegrino Matarazzo, memiliki rekor enam kali kemenangan saat duet mautnya berada di starting line-up. Keduanya, mempunyai 43 persen keterlibatan gol untuk Stuttgart musim ini.

(Bola.net/Muhammad Afif Farhan)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR