4 Penjaga Gawang dengan Penyelamatan Paling Banyak di Bundesliga

Asad Arifin | 1 Maret 2021 15:19
Juru kamera TV mengenakan masker wajah sebelum laga Bundesliga antara TSG 1899 Hoffenheim dan Hertha BSC Berlin di Sinsheim, Jerman, Sabtu, 16 Mei 2020. (c) AP Photo

Bola.net - Penjaga gawang dalam suatu tim sepak bola memiliki peran yang sangat penting. Sebab, posisinya yang menjadi palang pintu terakhir lapangan membuatnya kerap dianggap sebagai penentu kemenangan.

Aksinya yang memukau sering diperlihatkan oleh penjaga gawang dalam upaya menyelamatkan gawangnya. Penyelamatan gemilangnya di setiap laga membuat para striker menjadi frustasi karena tidak mampu mencetak gol.

Sejauh ini, ada catatan menarik mengenai kiper tim yang paling banyak menyelamatkan gawangnya. Dari 18 tim Bundesliga, tidak ada wakil dari klub papan atas yang masuk daftar kiper paling banyak menyelamatkan gawangnya.

Kiper-kiper tim papan bawah Bundesliga mendominasi daftar tersebut. Akibat seringnya diserang oleh tim lawan, membuat kiper-kiper dari klub papan bawah masuk daftar kiper Bundesliga paling banyak menyelamatkan gawangnya.

Berikut empat penjaga gawang dengan penyelamatan paling banyak di Bundesliga

1 dari 4 halaman

Stefan Ortega

Kiper Arminia Bielefeld, Stefan Ortega berada di posisi pertama daftar kiper dengan penyelamatan terbanyak di Bundesliga musim ini. Kiper berkebangsaan Jerman itu telah berhasil membuat 95 penyelamatan di Bundesliga.

Sejauh ini, Ortega sudah kebobolan 41 gol dari 22 laga pertandingan di Bundesliga. Stefan Ortega memiliki refleks yang bagus dan reputasi sebagai salah satu penghenti tembakan terbaik di Bundesliga.

Kiper berusia 28 tahun itu tengah berusaha membawa timnya terhindar dari zona degradasi. Pasalnya, Arminia Bielefeld hanya mengumpulkan 18 poin dari 22 laga di Bundesliga.

2 dari 4 halaman

Rafal Gikiewicz

Rafal Gikiewicz merupakan salah satu yang terbaik di Bundesliga. Sejak kedatangannya dari Union Berlin pada 1 Juli 2020, ia langsung menjadi kiper andalan bagi Fuggerstadter.

FC Augsburg saat ini berhasil menempati posisi 13 di klasemen Bundesliga. Tim asuhan Heiko Herrlich itu telah mengumpulkan 26 poin dari 22 pertandingan.

Kehebatannya dalam menyelamatkan gawang FC Augsburg terhindar dari kebobolan, dia perlihatkan pada musim ini. Pasalnya, Gikiewicz telah membuat 89 penyelamatan di Bundesliga. Sejauh ini, pemain asal Polandia itu telah memainkan 23 pertandingan dan kebobolan 35 gol.

3 dari 4 halaman

Florian Muller

Performa SC Freiburg musim ini di Bundesliga sedang meningkat. Hal itu dibuktikan oleh skuad asuhan Christian Streich, yang berhasil menduduki posisi delapan kelasemen sementara Bundesliga dengan poin 34 dari 22 pertandingan.

Kesuksesan tersebut juga tak terlepas dari performa apik Florian Muller di bawah mistar gawang Breisgau-Brasilianer. Kiper berkebangsaan Jerman itu berhasil memberikan keamanan di lini belakang SC Freiburg.

Musim ini, Muller telah mencatatkan 82 penyelamatan dari 23 laga pertandingan dan sudah kebobolan 35 gol di Bundesliga.

4 dari 4 halaman

Gregor Kobel

Gregor Kobel bergabung dengan VfB Stuttgart pada 28 Juli 2020. Pemain berkebangsaan Swiss itu didatangkan dari TSG Hoffenheim dengan harga 4 juta euro.

Musim ini, Kobel tampil sangat bagus di Bundesliga. Ia telah memainkan 23 laga pertandingan dan sudah kebobolan 36 gol. Kiper berusia 23 tahun itu berhasil menjadi penyelamatan terbanyak dengan total 77 penyelamatan.

Berkat penampilannya yang luar biasa bersama Stuttgart. Ia menjadi pemain yang jarang tergantikan dan menjadi andalan Pellegrino Matarazzo dalam menjaga gawang Die Schwaben.

(Bola.net/Muhammad Ibnu Prasetyo)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR