Alphonso Davies, Winger yang Menjelma Sebagai Bek Kiri Tangguh Bayern Munchen

Asad Arifin | 22 Januari 2020 13:04
Gelandang Bayern Munchen, Alphonso Davies. (c) Bundesliga

Bola.net - Alphonso Davies tampil bagus pada musim 2019/2020. Pemain berusia 19 tahun tersebut bermain konsisten di posisi bek kiri. Sebuah posisi baru untuk Alphonso Davies.

Alphonso Davies telah memainkan 14 laga untuk Bayern Munchen di Bundesliga musim ini, 10 kali sebagai pemain inti. Pada semua laga tersebut, Alphonso Davies tampil sebagai bek kiri.

Kesempatan bermain Davies tidak lepas dari masalah di lini belakang. Tiga pemain yang biasa bermain di bek tengah cedera: Javi Martinez, Lukas Hernandez, dan Niklas Sule. Situasi ini membuat David Alaba harus bermain di posisi bek tengah.

Ketika David Alaba dimainkan untuk posisi bek tengah, maka opsi terbaik di posisi bek kiri adalah Alphonso Davies. Pemain asal Amerika Serikat itu pun tampil bagus. Sejauh ini, dia telah mencetak satu gol dan tiga assist.

"Fans telah menunggu pemain muda seperti dia dengan kecepatan, teknik, dan kehadiran fisik seperti itu. Dia bisa menjadi pemain yang sangat penting bagi Bayern," ucap direktur olahraga Bayern, Hasan Salihamidizic.

1 dari 1 halaman

Alphonso Davies Dulunya Winger

Alphonso Davies memulai karir sepak bola untuk posisi winger. Namun, pada 2018, dia dimainkan sebagai bek kiri oleh pelatih timnas Kanada, John Herdman. Dia kemudian juga bermain di bek kiri pada laga MLS All-Star melawan Juventus.

Pada musim 2018/2019 lalu, Alphonso Davies masih bermain sebagai winger di Bayern. Namun, musim ini dia mulai mendapat peran permanen sebagai bek kiri. Pelatih Hansi Flick sangat puas dengan performa pemain 19 tahun.

"Saya selalu yakin Alphonso Davies dapat menjalani peran sebagai bek kiri," kata Hansi Flick.

Sebagai bek kiri, Alphonso Davies punya gaya yang mirip dengan David Alaba. Mereka adalah bek sayap yang agresif. Mereka punya kecepatan dan kemampuan melewati lawan dalam duel satu lawan satu dengan lawan.

"Pola pikir saya adalah menyerang, menyerang, menyerang, tetapi sekarang ini bertahan, bertahan, bertahan. Ini berbeda karena sekarang ketika saya ingin maju, saya harus melihat juga orang-orang di belakang saya," kata Alphonso Davies.

"Saya kini bermain sebagai bek dan mudah-mudahan suatu hari mereka menempatkan saya di winger," ucap Alphonso Davies.

Sumber: Bundesliga

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR