Arjen Robben Belum 100 Persen Pensiun

Dimas Ardi Prasetya | 27 Agustus 2019 19:49
Arjen Robben (c) AFP

Bola.net - Legenda Bayern Munchen Arjen Robben mengaku ia tak menutup kemungkinan untuk kembali merumput meski sudah menyatakan pensiun sebelumnya.

Winger gaek asal Belanda itu memutuskan untuk gantung sepatu pada usinya yang ke-35. Keputusan pensiun itu diumumkannya pada Juli 2019 kemarin.

Di sepanjang karirnya, Robben telah bermain di Inggris, Spanyol dan juga di Belanda tentunya. Ia pernah memperkuat PSV Eindhoven, Chelsea dan Real Madrid.

Di empat negara itu, Robben selalu berhasil membantu klubnya mempersembahkan gelar juara liga. Pria kidal ini juga menjadi andalan timnas Belanda.

Ia mencatatkan 96 caps bersama tim Oranje dan mengemas 37 gol. Prestasi terbaiknya adalah mengantarkan Belanda menjadi runner-up Piala Dunia 2010.

1 dari 2 halaman

Kans Balik

Robben sebelumnya mengaku ia akan memanfaatkan waktu luangnya untuk berkumpul bersama keluarganya. Namun kini ia membuka peluang untuk merumput lagi.

"Saya selalu berkata: jangan pernah mengatakan tidak pernah," serunya pada NPO Radio.

"Mungkin dalam satu atau dua bulan saya akan memiliki perasaan aneh bahwa saya terlalu merindukan semuanya dan akan memutuskan saya harus kembali," tutur Robben.

"Tapi tentu saja itu tidak semakin mudah semakin lama anda pensiun. Saya tidak menilai peluang [kembali merumput] itu sangat tinggi," aku Robben.

2 dari 2 halaman

Sulit

Robben pensiun setelah mengantarkan Bayern meraih titel juara Bundesliga yang ketujuh secara beruntun. Ia mengaku tidak mudah untuk mengambil keputusan gantung sepatu ini.

"Tidak diragukan lagi, keputusan tersulit yang pernah saya buat dalam karier saya," seru Robben.

Saat mengumumkan keputusannya pada bulan Juli, Robben mengatakan: "Saat ini saya bugar dan sehat dan sebagai penggemar banyak olah raga lainnya saya ingin tetap seperti itu untuk masa depan. Jadi saya pasti akan berhenti, tapi bagus juga kalau begitu," tuturnya.

"Tidak diragukan lagi, keputusan tersulit yang harus saya ambil dalam karier saya. Keputusan di mana hati dan pikiran bertabrakan," ujarnya.

(NPO Radio)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR

Most Viewed

{HITS_MAIN}