Arjen Robben Umumkan Pensiun dari Sepak Bola Profesional

Ari Prayoga | 4 Juli 2019 23:23
Arjen Robben (c) AP Photo

Bola.net - Penyerang sayap gaek asal Belanda, Arjen Robben mengumumkan bahwa dirinya resmi gantung sepatu alias pensiun dari sepak bola profesional.

Arjen Robben tak memiliki klub anyar usai kontraknya bersama raksasa Bundesliga, Bayern Munchen berakhir pada 30 Juni 2019 kemarin.

Robben sempat dikaitkan dengan beberapa klub, salah satunya Lazio. Namun kini pemain 35 tahun tersebut memilih untuk mengakhiri kariernya sebagai pesepakbola.

"Saya sudah berpikir matang-matang dalam beberapa pekan terakhir. Seperti yang sudah diketahui, saya mengambil keputusan dan mengumumkan masa depan saya usai laga terakhir saya bersama Bayern Munchen. Dan saya sudah memutuskan untuk mengakhiri karier sebagai pesepakbola profesional," ujar Robben dalam pernyataan resminya pada Kamis (4/7).

"Tak diragukan lagi ini adalah keputusan paling sulit yang pernah saya buat dalam karier saya. Sebuah keputusan yang membuat 'hati' dan 'pikiran' beradu," tambahnya.

Robben menyatakan bahwa sejatinya ia masih ingin melanjutkan kariernya. Namun pria kelahiran Bedum, Belanda itu mengakui bahwa fisiknya sudah tak lagi mampu dipacu secara maksimal.

"Saat ini saya fit dan sehat, sebagai penggemar dari banyak olahraga lainnya saya ingin menjaganya di masa depan. Saya memang akan berhenti, tapi memang sebaiknya seperti itu," tukasnya.

1 dari 1 halaman

Karier Mengkilap Robben

Selama satu dekade terakhir, Robben setia memperkuat Bayern. Di akhir kebersamaannya, Robben mempersembahkan dua gelar domestik bagi Bayern, yakni Bundesliga dan DFB Pokal.

Bersama raksasa Bavaria tersebut, Robben sudah meraih hampir semua trofi bergengsi, mulai dari delapan gelar Bundesliga, lima DFB Pokal, hingga masing-masing satu trofi Liga Champions dan Piala Super Eropa.

Sebelumnya, Robben juga pernah meraih satu trofi Eredivisie bersama PSV Eindhoven, satu gelar La Liga bersama Real Madrid, hingga dua gelar Premier League bersama Chelsea.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR