Berapa Biaya Transfer Haaland ke Borussia Dortmund yang Sesungguhnya?

Yaumil Azis | 30 Desember 2019 23:00
Erling Braut Haaland resmi bergabung dengan Borussia Dortmund. (c) Twitter @BVB

Bola.net - Borussia Dortmund mendapatkan Erling Braut Haaland dengan harga yang sangat murah. Namun jika dihitung dengan bayaran agen dan lainnya, berapakah total pengeluaran Die Borussien untuk mendapatkannya?

Kepindahan Haaland ke Dortmund ini membuat banyak orang terkejut. Pasalnya, wonderkid asal Norwegia tersebut cukup sering dikaitkan dengan dua klub raksasa Eropa, Manchester United dan juga Juventus.

Ya, Haaland memang jadi rebutan banyak klub besar. Wajar jika demikian, sebab pria berumur 19 tahun itu mampu mencetak 28 gol hanya dari 22 penampilan terakhirnya di semua ajang bersama RB Salzburg.

Namun pada akhirnya, Haaland memilih Dortmund sebagai klub labuhan berikutnya. Alhasil pendukung dari Manchester United, Juventus, dan klub-klub raksasa Eropa lainnya harus gigit jari.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Nilai Transfer Haaland yang Sebenarnya

Dortmund berhasil mendatangkan Haaland dengan harga yang murah untuk ukuran era sekarang, 20 juta euro. Nilai itu sendiri sudah tercantum dalam kontraknya bersama Salzburg dengan nama 'klausul pelepasan'.

Selain itu, Bild memberikan laporan bahwa Haaland diberikan bayaran senilai delapan juta euro per musimnya hingga tahun 2024 mendatang. Namun ternyata, itu semua hanya sebagian kecil dari biaya yang harus dikeluarkan Dortmund untuknya.

Menurut La Gazzetta dello Sport dan Tuttosport, Dortmund harus membayar 15 juta euro sebagai komisi untuk sang agen, Mino Raiola. Kemudian 10 juta euro untuk biaya tanda tangan untuk sang ayah, Alf-Inge Haaland. Jadi totalnya 45 juta euro.

2 dari 2 halaman

Raiola Bisa Untung Besar

Raiola cukup diuntungkan dalam transfer ini. Laporan dari dua media ternama Italia tersebut menyatakan bahwa Raiola berhak dapat persenan yang sangat besar jika sang pemain pindah di masa mendatang.

Kesepakatan ini juga pernah diimplementasikan dalam kasus transfer Paul Pogba ke Juventus tahun 2012 lalu. Sehingga ia dikabarkan mendapatkan keuntungan yang besar saat Pogba memutuskan kembali ke Manchester United.

Karena peran Raiola inilah yang membuat Dortmund berhasil mendapatkan tanda tangan Haaland. Padahal, pemain yang juga pernah memperkuat Molde FK tersebut hampir tak pernah dikaitkan dengan Dortmund.

(Football Italia)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR