Bundesliga 2019/20, Musim yang Bergelimang Rekor

Serafin Unus Pasi | 6 Juli 2020 21:23
Trofi Bundesliga musim 2019/20 (c) Bundesliga

Bola.net - Pekan lalu, Bundesliga sudah menggelar pertandingan pekan ke-34. Itu berarti bahwa kompetisi untuk musim 2019/20 sudah resmi berakhir.

Bayern Munchen masih menunjukkan keperkasaan mereka di Bundesliga. Mereka sudah mengamankan gelar juara Bundesliga musim ini yang merupakan gelar kedelapan mereka secara beruntun.

Borussia Dortmund, RB Leipzig dan Borussia Monchengladbach sukses mengamankan posisi mereka di zona liga Champions. Sementara Dusseldorf dan Paderborn harus rela turun kasta ke Divisi 2.

Setelah perjalanan yang panjang itu, kami ingin mengajak Bolaneters untuk mengintip sejumlah rekor yang tercipta di Bundesliga musim ini. Apa saja? Kuy intip di bawah.

1 dari 4 halaman

Perburuan Torj?gerkanone dan Rekor Gol Lainnya

Tidak lengkap rasanya bagi seorang striker tanpa mendapatkan gelar top-skorer di akhir musim. Dikenal dengan istilah Torjägerkanone, semua striker berjibaku memperebutkannya.

Kali ini, pemain depan Bayern, Robert Lewandowski, finis sebagai pencetak gol terbanyak dengan 34 gol, yang juga membuatnya jadi pemain asing yang mencetak gol terbanyak dalam satu musim.

Musim ini adalah sah musim terbaik “Lewi”. Selain mencetak gol di 11 pertandingan pertama, striker asal Polandia itu menambah hiasan prestasinya dengan meraih penghargaan pencetak gol terbanyak kelima di sepanjang karier, dan yang ketiga secara berturut-turut.

Total, Lewandowski telah mencatatkan 236 gol di Bundesliga. Sementara itu, Timo Werner berakhir sebagai pencetak gol terbanyak kedua dengan 28 gol. Di tempat ketiga ada pemain Dortmund, Jadon Sancho yang mencetak 17 gol dan pula secara mengesankan berhasil mencatatkan 16 assist.

Pada rekor lainnya, Erling Haaland jadi pemain pertama yang mencetak 9 gol di 6 laga pertama. Ia juga pemain pertama yang mencetak hat-trick di laga debut sebagai pemain pengganti. Di halaman rekor berikutnya, pencetak gol termuda berhasil dicatatkan oleh Florian Wirtz dari Bayer Leverkusen dalam usia 17 tahun dan 34 hari. Untuk rekor klub, ada Borussia Dortmund yang berhasil membukukan rekor internal dengan mencetak 84 gol di musim ini.

2 dari 4 halaman

Thomas M?ller, Jawara Jawaranya Assist

Tampil apik di pertandingan terakhir melawan Wolfsburg, Müller menambah pundi-pundi assistnya dengan membuat satu assist dengan tambahan satu gol.

Bersama 21 assist yang Müller bawa ke pertandingan itu, ia menghapus nama Kevin De Bruyne dari kitab sejarah Bundesliga dengan berhasil memecahkan rekor yang KDB buat sebelumnya.

3 dari 4 halaman

Klaus Gjasula, Kolektor Kartu Kuning Terbanyak di Jerman

Klaus Gjasula bukan nama yang familiar dalam sepak bola. Akui saja, kami dapat memakluminya kok. Tapi bukan mustahil bila nama yang asing di kepala tak mampu mencetak sejarah dan masuk dalam buku rekor.

Gelandang bertahan SC Paderborn tersebut membukukan rekor baru di Bundesliga dalam laga kontra Werder Bremen dengan mengoleksi kartu kuning ke-17 nya di sepanjang musim ini. Rekor tersebut melampaui rekor Tomasz Hajto yang dibuat pada musim 1998/99.

4 dari 4 halaman

Termahal di Jerman, Termahal di Dunia

Transfer Lucas Hernandez ke Bayern Munchen menciptakan rekor baru sebagai pembelian bek termahal yang pernah Der FCB lakukan dan juga yang termahal dalam sejarah Bundesliga.

Bahkan menurut catatan kami juga adalah yang termahal di dunia untuk posisi bek. Mahar 80 juta euro dikeluarkan The Bavarian demi mendatangkan bek kiri tersebut ke Allianz Arena dari Atlético Madrid.

(Bundesliga)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR