Joshua Zirkzee, Calon Penyerang Masa Depan Bayern Munchen

Asad Arifin | 9 Januari 2020 12:45
Penyerang muda Bayern Munchen, Joshua Zirkzee. (c) Bundesliga

Bola.net - Bayern Munchen masih bergantung pada sosok Robert Lewandowski untuk urusan mencetak gol. Namun, Bayern punya pemain masa depan yang punya potensi jadi penyerang nomor satu, Joshua Zirkzee.

Joshua Zirkzee berusia sangat muda, 18 tahun. Namun, sejak musim 2019/2020 ini, dia mampu menembus tim utama Bayern. Joshua Zirkzee merupakan pemain didikan Bayern Munchen Campus.

Sebelum membela tim senior, pemain asal Belanda itu sudah tampil apik untuk Bayern Munchen U-19 dan Bayern Munchen II. Joshua Zirkzee juga menjadi pemain pilar bagi Timnas Belanda U-19.

Joshua Zirkzee mungkin belum menjadi pilihan utama di lini depan Bayern. Namun, dia sudah menunjukkan bakat besarnya. Tujuh menit bermain di Bundesliga, Joshua Zirkzee mencetak dua gol untuk Bayern.

1 dari 1 halaman

Tolak Everton dan Berjuang di Bayern Munchen

Joshua Zirkzee baru dimainkan pada dua laga Bundesliga, semuanya sebagai pengganti. Akan tetapi, Joshua Zirkzee mampu tampil sangat bagus. Dia mencetak dua gol, ke gawang Freiburg dan Werder Bremen, hanya dari tujuh menit kesempatan di atas lapangan.

Joshua Zirkzee bakal menjadi opsi menjanjikan untuk pelatih Hansi Flick pada putaran kedua musim 2019/2020 ini.

Catatan laga Joshua Zirkzee di Bundesliga sejauh ini:

  • 21/12/19 Bayern Munchen 2 - 0 Wolfsburg [1 gol]
  • 19/12/19 Freiburg 1 - 3 Bayern Munchen [1 gol]

2017 lalu, Joshua Zirkzee sempat masuk dalam radar transfer klub Inggris, Everton. Tawaran dari The Toffes tidak main-main dan bermain di klub Inggris adalah impian bagi banyak pemain sepak bola Eropa.

Namun, Joshua Zirkzee membuat langkah yang berani dengan menolaknya dan dia memilih Bayern Munchen. Saat itu, usia Joshua Zirkzee masih 16 tahun dan Everton memberi tawaran yang sangat menggiurkan untuknya.

"Ronald Koeman [pelatih Everton saat itu, berasal dari Belanda] adalah pelatih, Romelu Lukaku berangkat ke Manchester United musim panas itu dan saya mendapat firasat dari Everton bahwa ada peluang bagus saya," kata Joshua Zirkzee dikutip dari situs resmi Bundesliga.

Joshua Zirkzee mendapat tawaran kontrak dari Everton dan keberadaan Ronaldo Koeman menjadi pertimbangan serius. Namun, pemain yang lahir pada 22 Mei 2001 tersebut tidak bisa menolak ketika Bayern Munchen datang dan memberi tawaran.

"Setelah saya pertama kali berlatih dengan Bayern, saya tahu itu yang ingin saya lakukan. Saya berkata pada diriku sendiri, biarkan saya melakukan tiga kali latihan, lalu saya akan memutuskan apakah saya cukup baik."

"Saya ingin menjadi striker utama di Bayern - itu selalu menjadi tujuan saya," kata Joshua Zirkzee.

Kini, Joshua Zirkzee mulai bersaing untuk menjadi penyerang utama Bayern. Pesaingnya adalah Robert Lewandowski. Namun, bagi Joshua Zirkzee, pemain 31 tahun tersebut bukan pesaing tetapi menjadi mentor untuknya.

"Bagaimana dia bergerak, menerima umpan crossing, timing, bagaimana dia melindungi bola, berlari ke arah gawang - saya mempelajari semua yang dilakukan Lewandowski," kata Joshua Zirkzee.

Sumber: Bundesliga

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR