Klasemen Sepatu Emas Eropa: Lionel Messi Tak Masuk 10 Besar, Ronaldo Posisi ke-2

Asad Arifin | 13 Januari 2021 15:18
Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi (c) AP Photo

Bola.net - European Golden Shoe atau Sepatu Emas Eropa menjadi gelar yang cukup bergengsi. Gelar ini diberikan pada pemain yang mencetak gol paling banyak di liga-liga Eropa.

Pada musim 2019/2020 lalu, ada nama Ciro Immobile yang meraih gelar Golden Shoe. Penyerang Lazio itu unggul dari nama-nama top seperti Robert Lewandowski atau Mohamed Salah.

Sebagai catatan, ada perbedaan nilai dari sebuah gol untuk Golden Shoe. Satu gol lima liga top Eropa akan akan mendapat nilai 2. Sedangkan, untuk liga lain nilainya hanya 1.5 atau 1.

Lantas, seperti apa klasemen Golden Shoe hingga 13 Januari 2021? Simak di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 10 halaman

10. Ciro Immobile

Immobile masih menjadi kandidat kuat peraih gelar Golden Shoe pada musim 2020/2021. Dia menjadi pilihan utama di lini depan Lazio dan sangat tajam. Immobile telah mencetak 11 gol dari 15 laga di Serie A.

Immobile mendapat nilai 22.

Sebenarnya, nilai yang didapat Immobile sama dengan Lionel Messi, Dominic Calvert-Lewin, Jamie Vardy, Bruno Fernandes, dan Memphis Depay. Namun, dia berhak atas posisi ke-10 karena punya rasio gol per pertandingan lebih besar.

2 dari 10 halaman

9. Andre Silva

Andre Silva juga mencetak 11 gol, sama seperti Immobile dan nama lain yang disebutkan di atas. Akan tetapi, Andre Silva punya keunggulan dalam hal rasio gol per pertandingan.

Andre Silva hanya butuh 14 laga untuk bisa mencetak 11 gol di Bundesliga bersama Eintracht Frankfurt.

3 dari 10 halaman

8. Boulaye Dia

Boulaye Dia tampil mengejutkan di Ligue 1. Pemain milik klub Stade de Reims itu telah mencetak 12 gol di Ligue 1. Boulaye Dia pun mendapatkan 24 poin dari gol yang sudah dicetaknya.

Boulaye Dia telah mencetak gol lebih banyak dari nama top lain di Ligue 1. Dia unggul dari Neymar, Memphis Depay, maupun Mauro Icardi.

4 dari 10 halaman

7. Son Heung-min

Son Heung-min memainkan musim terbaiknya untuk Tottenham. Pemain asal Korea Selatan itu telah mencetak 12 gol dan lima assist dari 16 laga di Premier League. Son mendapatkan nilai 24 poin.

Son mendapat poin sama dengan Boulaye Dia, tetapi dia punya rasio gol per pertandingan lebih baik. Son baru memainkan 16 laga, sedangkan Dia memainkan 17 laga untuk mencetak 12 gol.

5 dari 10 halaman

6. Romelu Lukaku

Seperti dua nama di atas, Lukaku juga mencetak 12 gol dan mendapat 24 poin. Lukaku memainkan 16 laga, sama seperti Son Heung-min. Namun, Lukaku punya catatan menit bermain per gol yang lebih baik dari Son.

Lukaku mencetak satu gol per 76 menit. Sedangkan, Son butuh 87 menit untuk mencetak satu gol. Lukaku punya efektivitas menit per gol lebih baik.

6 dari 10 halaman

5. Kylian Mbappe

Kylian Mbappe kini memimpin daftar top skor Ligue 1. Pemain andalan PSG itu mencetak 12 gol, sama dengan Boulaye Dia. Mbappe pun mendapatkan 24 poin di klasemen sementara Golden Shoe.

Mbappe unggul dari Boulaye Dia dan beberapa nama di atas karena dia baru memainkan 15 laga. Mbappe juga punya menit per gol lebih baik yakni satu gol per menit.

7 dari 10 halaman

4. Erling Haaland

Erling Haaland sempat mengalami cedera sehingga membuat keran golnya tersumbat. Namun, akhir pekan lalu, Haaland comeback dan mencetak dua gol untuk Dortmund di Bundesliga.

Haaland mencetak 12 gol dan mendapatkan 24 poin. Pemain asal Norwegia itu unggul dari nama-nama lain yang juga punya 24 poin karena dia baru memainkan 10 laga.

8 dari 10 halaman

3. Mohamed Salah

Mohamed Salah kini memimpin daftar top skor Premier League. Penyerang andalan Liverpool ini telah mencetak 13 gol. Dengan begitu, Salah mendapatkan 26 poin dan berada di posisi ketiga Golden Shoe.

Mohamed Salah mencetak 13 gol dari 16 laga yang dimainkan di Premier League. Selain 16 gol, Salah juga membuat tiga assist untuk Liverpool.

9 dari 10 halaman

2. Cristiano Ronaldo

Ronaldo sepertinya akan tampil sebaik musim lalu. Sebab, pada pekan ke-17, Ronaldo sudah mencetak 15 gol. Ronaldo mencetak hampir separuh dari golnya pada musim lalu di Serie A yakni 31 gol.

Ronaldo pun mendapatkan 30 poin dari berada di posisi kedua klasemen Golden Shoe. Ronaldo hanya membutuhkan 13 laga untuk bisa mencetak 15 gol.

10 dari 10 halaman

1. Robert Lewandowski

Cristiano Ronaldo memang luar biasa, tetapi Lewandowski masih berada di atasnya. Pemain milik Bayern Munchen memimpin daftar calon peraih gelar Golden Shoe dengan raihan 40 poin.

Lewandowski telah mencetak 20 gol di Bundesliga. Hebatnya, 20 gol itu dicetak hanya dari 14 laga. Sejauh ini, peraih gelar FIFA Best Player of the Year edisi 2020 itu mencetak 54 persen gol Bayern musim ini.

Sumber: Ronaldo.com

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR