Legenda Bundesliga: Catatan Gemilang Karier Miroslav Klose

Afdholud Dzikry | 2 Desember 2019 14:22
Miroslav Klose. (c) DFL

Bola.net - Terabadikan sebagai pemenang dan pencetak gol terbanyak Piala Dunia FIFA sepanjang masa, pemenang gelar Bundesliga, mesin gol tersubur Jerman, dan juga legenda hidup dari dunia sepak bola, Miroslav Klose telah menggapai segala yang dicita-citakan seorang pemain sepak bola.

Kami di sini mengajakmu untuk menelusuri rekam jejak karier sepak bolanya dan juga mengingat pencapaian terbaik mantan striker 1.FC Kaiserslautern, SV Werder Bremen dan FC Bayern Munchen tersebut. Yuk, kita simak!

1985 - Selamat Datang Di Jerman!

Jerman harus berterima kasih banyak kepada Polandia dan Prancis atas terciptanya pencetak gol terbanyak sepanjang masa mereka. Polandia, karena Miroslaw Jozef Klose dilahirkan di kota Opole Silesia -sekitar 60 mil dari tempat kelahiran ikon sepakbola Jerman lainnya, Lukas Podolski sebelum menghabiskan enam tahun pertama hidupnya di Prancis bersama ayahnya, Josef, pemain sepak bola profesional di AJ Auxerre. Berusia tujuh tahun, ia pindah ke wilayah Pfalz di Jerman, negara asal ayahnya, tempat Klose -yang hanya bisa berbahasa Polandia dan Prancis pada saat itu- berkomunikasi paling baik dengan kedua kakinya.

1 dari 4 halaman

15 April 2000 - Muncul Dengan Tiba-tiba

Adakah yang ingat Jorgen Pettersson? Pelatih asal Swedia itu pernah bermain untuk Borussia Monchengladbach dan Kaiserslautern, dan Klose memiliki ingatan yang jelas tentang Pettersson menghampiri sisi lapangan untuk kemudian digantikan oleh seorang striker muda berusia 21 tahun yang baru saja menjalani debut Bundesliga-nya di menit ke-76 dalam pertandingan melawan Eintracht Frankfurt.

2 dari 4 halaman

24 Maret 2001 - Hal Terbaik

Bangkit dari bangku cadangan untuk menggantikan Oliver Neuville 17 menit sebelum pertandingan berakhir di Leverkusen, Klose telah merencanakan sebelumnya untuk membuat sebuah tandukan 'terbaik', dan benar adanya, tandukan tersebut berbuah gol manis yang membuat Jerman imbang 1:1 dengan Albania di kualifikasi Piala Dunia FIFA 2002.

3 dari 4 halaman

13 Mei 2006 - Pemenang Derby dan Torjagerkanone

Tendangan bebas Daniel Jensen, sepakan Naldo, sentuhan Klose. Itu adalah resep sukses yang ketiganya dimatangkan pada lebih dari satu kesempatan di Bremen. Tetapi pada Matchday ke-34 musim 2005/06, semua terasa lebih nikmat dari biasanya.

Ketiganya mengantarkan kemenangan derby Die Grun-Weiszen atas Hamburg saat kualifikasi Liga Champions UEFA, dan -untuk Klose sendiri- adalah gol ke-25 nya yang dihasilkan hanya dalam 26 penampilan liga, membuatnya mendapatkan gelar Torjagerkanone sebagai pencetak gol terbanyak Bundesliga.

4 dari 4 halaman

08 Juli 2014 - Miro-aldo

Yang terakhir datang sebelum ia dan rekan-rekan setimnya di Jerman mendapatkan hadiah terbesar sepak bola di Brasil. Klose berhasil menjaringkan golnya yang ke-15 di Piala Dunia di babak penyisihan grup melawan Ghana, menyamai prestasi legenda Brasil, Ronaldo.

Selang beberapa hari kemudian, Miro mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa di Piala Dunia dalam kemenangan fantastis 7-1 melawan tuan rumah Brasil di semifinal yang mengantarkan Jerman ke final dan akhirnya -berkat gol Mario Gotze- membawa Jerman sebagai pemenang.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR