Manuel Neuer: Jerman Masih Butuh Saya

Yaumil Azis | 11 September 2019 03:19
Penjaga gawang Bayern Munchen sekaligus Timnas Jerman, Manuel Neuer. (c) Bundesliga

Bola.net - Karir Kiper Bayern Munchen sekaligus Timnas Jerman, Manuel Neuer, mungkin tinggal menghitung tahun. Menjelang penutupan tirai karirnya yang gemilang, ia ingin terus bermain dan bersenang-senang selama masih merasa dibutuhkan.

Laga yang mempertemukan Jerman dengan Irlandia Utara pada hari Selasa (10/9/2019) kemarin menjadi salah satu momen terbaik Neuer. Pria berumur 33 tahun tersebut mencatatkan penampilannya yang ke-90 bersama skuat Die Panzer.

Neuer juga sudah makan asam garam sepak bola bersama Bayern Munchen. Sudah lebih dari 300 pertandingan telah ia lalui bersama klub berjuluk Die Bavarians tersebut semenjak bergabung dari Schalke 04 tahun 2011 silam.

Soal prestasi, Neuer punya segudang. Ia berhasil membantu Bayern Munchen mraih tujuh gelar Bundesliga dan empat trofi DFB Cups. Tak ketinggalan medali juara Liga Champions. Selain itu, Neuer juga pernah mengangkat trofi Piala Dunia bersama Jerman tahun 2014.

Scroll ke bawah untuk membaca informasi selengkapnya.

1 dari 2 halaman

Masih Dibutuhkan

Karirnya tidak selamanya berjalan mulus. Angin topan bernama cedera pernah menghantamnya dengan keras, hingga ia harus absen selama hampir satu tahun. Namun keinginannya untuk terus merumput belum pernah padam, setidaknya sampai saat ini.

Neuer mengaku akan selalu menunjukkan aksinya di lapangan hijau di sisa karirnya. Terutama jika negaranya membutuhkannya.

"Saat anda tak lagi dibutuhkan dan anda merasakannya, sulit untuk bangkit dan termotivasi di tiap harinya. Saat pengalaman anda sedang dibutuhkan dan para pemain membutuhkan anda, itu menjadi sebuah dorongan," ujar Neuer kepada Welt am Sonntag.

"Saya merasa bahwa saya masih sangat dibutuhkan di timnas ini, dan bahwa semuanya senang saya berada di sini. Jelas bahwa saya harus menunjukkan itu dalam performa saya," lanjutnya.

2 dari 2 halaman

Antusiasme Masih Sama

Neuer menjalani laga debutnya di Bundesliga pada Agustus 2006 lalu, saat dirinya tampil bersama Schalke melawan Alemannia Aachen. Tapi tetap saja, ia memainkan setiap laga dengan antusiasme yang sama seperti waktu masih berumur 20 tahun.

"[Umur panjang saya] adalah hasil dari kecintaan terhadap olahraga ini. Saya merasa sangat bergairah saat berada di lapangan untuk berlatih atau bermain. Saya berumur 33 tahun namun saat di lapangan, saya selalu merasa bisa mengembangkan kemampuan menjaga gawang saya," tambahnya.

"Saya masih kesal dengan hal-hal yang tidak bekerja dengan baik seperti waktu sembilan atau 10 tahun lalu, dan saya masih merasa senang bila ada hal-hal yang bekerja dengan baik. Ini adalah tanda yang berarti bagi saya. Yaitu, betapa ambisiusnya saya. [Saya ingin] bermain selama tubuh saya bisa, saya bersenang-senang, dan dibutuhkan," lanjutnya lagi.

Namun Neuer sadar bahwa usia, secara perlahan, mulai menggerogoti fisiknya. Terutama setelah mengalami cedera panjang. Oleh karenanya, ia menyesuaikan kondisi fisiknya dengan pendekatan yang dilakukan saat berlatih.

"Di umur yang masih muda, anda tak perlu melakukan banyak hal untuk bisa terus bugar," ujarnya, yang akan berumur 35 tahun saat kontraknya bersama Munchen saat ini berakhir. "Rasanya berubah, saya sadar akan hal itu, jadi saya benar-benar memerhatikan apa yang saya lakukan dan bagaimana melakukan pendekatan terhadap sesuatu," tandasnya.

(Bundesliga)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR

Most Viewed

{HITS_MAIN}