Mengenal Winterpause, Libur Musim Dingin di Bundesliga

Serafin Unus Pasi | 21 Desember 2019 18:09
Ilustrasi Stadion Bersalju (c) DFL

Bola.net - Tidak terasa ya Bolaneters, tahun 2019 sudah hampir berakhir. Di penghujung tahun ini beberapa Liga di Eropa memutuskan untuk libur untuk sejenak termasuk di Bundesliga.

Di Jerman, libur akhir tahun ini dikenal dengan nama Winterpause. Winterpause biasanya digelar di pekan terakhir di bulan Desember untuk merayakan hari Natal.

Tidak hanya untuk merayakan Natal, Winterpause ini juga diadakan karena cuaca yang sangat dingin jelang akhir tahun. Jadi Bundesliga meliburkan liganya agar para pemain untuk beristirahat sejenak setelah hampir separuh musim bekerja keras.

Bagi Bolaneters sekalian, berikut Bolaneters rangkumkan beberapa fakta menarik mengenai Winterpause di Jerman ini.

1 dari 4 halaman

Hampir Sebulan

Para pemain akan menurunkan mesin mereka sebelum Natal pada akhir pekan di penghujung Desember dan tidak akan beraksi di Bundesliga sampai dimulainya Rückrunde di penjuru Januari.

Waktu yang cukup untuk mengintrospeksi diri dan mencoba menyalakan kembali sentuhan yang hilang. Seperti yang terjadi pada 1.FSV Mainz 05 di musim lalu yang langsung tancap gas dan menaklukkan tuan rumah VfB Stuttgart dengan skor 2-3 pada pertandingan pembuka di tahun 2019 setelah sebelumnya tak pernah menang selama bulan Desember 2018.

2 dari 4 halaman

Apa yang Dilakukan Tim dan Pemain?

Biasanya, Winterpause seirama dengan "matahari, pasir dan keringat" di kamp-kamp pelatihan pasca-Natal yang tersebar di sekitar Eropa selatan, dimulai pada awal Januari.

Dua tahun lalu, ketika Bayern melakukan perjalanan ke Qatar, sembilan klub lain melakukan perjalanan lebih dekat ke Spanyol, meskipun menambah level energi -bukan belang pada kulit- selalu menjadi prioritas.

Manajer FC Augsburg kala itu, Stefan Reuter, sempat menjelaskan bahwa mereka melihatnya sebagai keuntungan besar jika tim bersama selama beberapa hari untuk memfokuskan diri pada Rückrunde, dan kondisi iklim di Tenerife adalah yang terbaik demi kebugaran mereka.

3 dari 4 halaman

Kerja dari Rumah

Ya, tidak semua tim nyaman dengan metode yang tersebut di atas. Karena pada Januari tahun 2018, Hoffenheim, Leverkusen, Borussia Mönchengladbach dan RB Leipzig memutuskan untuk
menetap lebih dekat ke rumah, dan lebih suka menghabiskan waktu berjam-jam di lapangan latihan mereka sendiri daripada harus berurusan dengan tanda tangan serta pemburu selfie di ruang tunggu bandara.

4 dari 4 halaman

Bagaimana dengan Negara Lain?

Para bintang Bundesliga tidak sendirian dalam meraih kesempatan untuk mempergunakan kaki berbakat mereka sesegera mungkin.

Wilayah Prancis juga ikut terperangkap dalam cengkeraman salju musim dingin sehingga mereka memiliki waktu istirahat pula yang dikenal sebagai La Trêve, yang secara harfiah berarti "gencatan
senjata."

Durasinya pun lebih singkat dari yang ada di Jerman karena Ligue 1 memiliki 20 tim
daripada Bundesliga yang hanya 18 tim yang berarti ada tambahan empat matchday lagi untuk dimainkan di sisa musim.

Kompetisi di Prancis akan beristirahat dari akhir Desember hingga pertengahan Januari dalam satu musim kompetisi sementara di Spanyol, La Liga berhenti pada saat yang sama tetapi kembali lebih awal, pada akhir pekan di awal Januari.

Italia akan melanjutkan pertandingan Serie A di kedua sisi Natal dan Hari Tahun Baru, meskipun para pemain akan bernafas singkat dari awal tahun hingga putaran pertandingan Coppa Italia pada pertengahan Januari.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR