Tujuh Alasan Ini Buktikan Robert Lewandowski Memang Striker Terbaik di Dunia

Dimas Ardi Prasetya | 11 Agustus 2020 06:30
Robert Lewandowski (c) Bundesliga

Bola.net - Bomber Bayern Munchen Robert Lewandowski layak disebut sebagai striker terbaik di dunia dalam satu dekade terakhir dan ada tujuh alasan yang menguatkan klaim itu.

Banyak nama penyerang tengah kelas dunia saat ini, khususnya yang bermain di Eropa. Sebut saja Karim Benzema, Luis Suarez, Sergio Aguero, Edinson Cavani, hingga Romelu Lukaku.

Lewandowski juga masuk jajaran striker top kelas dunia saat ini. Penyerang asal Polandia itu baru saja menarik perhatian berkat aksinya yang luar biasa di babak 16 besar Liga Champions.

Ia membantu Chelsea berkemas dari kompetisi tersebut. Dalam dua leg, Bayern menekuk The Blues dengan agregat 7-1!.

Di leg pertama, ia membantu Bayern menang 3-0. Ia mencetak satu gol dan dua assist.

Di leg kedua, ia membantu Bayern menang 4-1. Kali ini Lewandowski mencatatkan dua gol dan dua assist.

Total pada musim 2019-20 ini, ia telah mengemas 54 gol dari 44 laga di semua ajang kompetisi. Ia pun layak disebut sebagai striker terbaik di dunia.

Namun Lewandowski juga layak disebut sebagai striker terbaik di dunia dalam 10 tahun terakhir. Berikut tujuh alasan yang menguatkan klaim tersebut.

1 dari 7 halaman

Striker yang Konsisten

Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi adalah dua pemain terbaik di muka bumi ini sekarang. Mereka bisa menjadi yang terbaika karena mampu bermain secara konsisten dari musim ke musim.

Konsistensi semacam ini juga dimiliki oleh Robert Lewandowski. Ia selalu bisa mengemas setidaknya 20 gol bagi Bayern Munchen dalam satu dekade terakhir. Ia terakhir kali gagal melakukan hal tersebut pada musim 2010-11 silam.

Setelah itu, di tujuh dari sembilan musim, ia mencetak lebih dari 30 gol. Bahkan dalam lima kesempatan, ia sempat mencetak lebih dari 40 gol semusim.

2 dari 7 halaman

Jago Assist Pula

Sebagai penyerang tengah, tentunya tugas utama Robert Lewandowski adalah mencetak gol. Namun demikian ia bukan pemain yang egois.

Ia masih baik hati membantu rekan setimnya mencetak gol. Sejauh ini ia telah mencatatkan 118 assist dari 587 penampilan di level klub. Artinya ia mencetak rata-rata satu assist tiap lima laga.

Pertunjukan assist itu juga bisa dilihat kalah Lewandowski membantu Bayern Munchen menyingkirkan Chelsea dari Liga Champions. Saat itu ia mencetak tiga gol dan empat assist.

3 dari 7 halaman

Jagoan Penalti

Eksekusi tendangan penalti jelas tidak mudah. Namun bagi seorang Robert Lewandowski, mencetak gol dari titik 12 pas bukan hal yang sulit.

Ia memiliki catatan yang nyaris sempurna. Dari 53 kesempatan eksekusi, ia cuma gagal lima kali saja.

Catatan konversi itu jelas sangat apik. Hal tersebut juga nampaknya tak lepas dari tekniknya yang sudah terasah sempurna.

4 dari 7 halaman

Performa Super

Robert Lewandowski tak jarang menampilkan performa yang sangat memikat di atas lapangan. Performanya itu bahkan mungkin sulit disamai pemain lain.

Ia pernah mengemas empat gol sekaligus, ke gawang klub sebesar Real Madrid. Hal itu terjadi pada semifinal Liga Champions 2013 silam.

Lewandowski kemudian mencatatkan prestasi lebih fenomenal lagi saat di Bundesliga, melawan Wolfsburg, pada tahun 2015. Saat itu hanya dalam kurun waktu sembilan menit saja, ia mencetak lima gol!

Betul-betul striker super!

5 dari 7 halaman

Subur di Liga Champions

Robert Lewandowski tentu tak cuma tajam di liga domestik. Ia juga terbukti ganas kala bermain di kompetisi Eropa.

Sekarang ia total telah mengemas 66 gol. Hebatnya ia bisa mencapai jumlah tersebut hanya dari 87 laga saja.

Bandingkan saja dengan legenda Real Madrid, Raul. Ia mengemas 71 gol namun butuh 142 laga untuk mencapai jumlah tersebut.

6 dari 7 halaman

Moncer Bersama Timnas Polandia

Ada striker yang moncer di klub, tapi mandul di timnas. Namun tak demikian dengan Robert Lewandowski.

Sejauh ini ia telah mencatatkan 112 laga bagi Polandia. Ia sukses mencetak 61 gol di level internasional. Hanya 26 pemain saja yang mencetak gol lebih banyak darinya di level internasional.

Tak seperti di Bayern Munchen, Robert Lewandowski memang kemungkinan tak bakal bisa meraih trofi bersama Polandia. Namun ia jelas sudah memberikan yang terbaik bagi negaranya.

7 dari 7 halaman

Sangat Profesional dan Jarang Cedera

Robert Lewandowski adalah sosok penyerang yang sangat profesional. Hal ini bahkan sudah diakui oleh Josep Guardiola.

“Lewandowski adalah pemain paling profesional yang pernah saya temui. Ia berpikir tentang makanan yang tepat, tidur dan latihan, 24 jam sehari," serunya pada situs resmi Bundesliga.

"Ia selalu ada, tidak pernah cedera, karena ia fokus pada hal-hal ini, dan ia tahu apa yang penting untuk berada dalam kondisi terbaik."

Dari catatan transfermarkt, Lewandowski hanya absen 15 kali saja di sepanjang karirnya bersama Bayern Munchen.

(Give Me Sport)

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR