FOLLOW US:


10 Pemain Afrika dengan Market Value Paling Mahal (Bagian 2)

03-11-2020 18:47

 | Serafin Unus Pasi

10 Pemain Afrika dengan Market Value Paling Mahal (Bagian 2)
Dua bomber Liverpool, Mohamed Salah dan Sadio Mane. © AP Photo

Bola.net - Sukses dari beberapa klub besar di Eropa era kini begitu melibatkan banyak pemain dari berbagai benua. Salah satunya benua Afrika yang juga turut mengorbitkan nama-nama top di dunia sepak bola.

Liverpool menjadi salah satu klub yang merasakan betul dampak dari pemain-pemain asal benua Afrika. Suksesnya dalam dua musim ke belakang nampaknya tidak akan terjadi jika Liverpool tidak diperkuat Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Kedua nama tersebut menjadi andalan The Reds di lini depan dan selalu bersaing di liganya untuk gelar top skor. Bukan hanya Liverpool, klub-klub lain seperti Arsenal dan Manchester City pun memiliki nama terbaik dari Afrika di skuadnya.

Arsenal kini dikapteni Aubameyang yang berasal dari Gabon, perannya pun begitu penting karena menjadi ujung tombak andalan The Gunners. Di Manchester City ada pemain Afrika yang pernah terpilih menjadi pemain terbaik di Premier League, Riyad Mahrez.

Salah satu transfer besar yang terjadi di bursa transfer musim panas 2020 pun diisi oleh pemain Afrika yakni Victor Osimhen yang ditebus Napoli sebesar 70 juta euro. Performa dan harga yang dikeluarkan untuk pemain Afrika menggambarkan bahwa Afrika memiliki nama emas di dunia sepak bola.

Lalu siapa saja pemain Afrika yang kini memiliki nilai mahal berkat kepiawaiannya? Berikut lima posisi teratasnya.

1 dari 5

5. Achraf Hakimi (50 juta euro)

5. Achraf Hakimi (50 juta euro)
Pemain Inter Milan Achraf Hakimi. © FCIM

Achraf Hakimi sejak musim lalu muncul sebagai salah satu bintang masa depan sepak bola. Musim lalu, Hakimi membuktikan dirinya sebagai salah satu wingback modern terbaik dengan kemampuannya menyapu hingga lini depan.

Berkat kemampuannya tersebut, Hakimi musim lalu menjadi salah satu wingback produktif dengan sembilan gol dan 10 assists dari 45 penampilannya. Performanya tersebut kemudian membuat Inter Milan rela mengeluarkan 54 juta euro untuk mendapatkan jasa pemain muda tersebut.

Kini Hakimi menjadi salah satu pemain muda paling bernilai di dunia. Pemain asal Maroko, tersebut memiliki nilai pasar sebesar 50 juta euro.

2 dari 5

4. Victor Osimhen (50 juta euro)

4. Victor Osimhen (50 juta euro)
Pemain Lille, Victor Osimhen. © AP Photo

Satu lagi bukti bahwa Afrika memiliki banyak bintang muda sepak bola adalah Victor Osimhen. Pemain asal Nigeria ini mampu mencuri perhatian lewat aksi bersama Lille musim lalu.

Sepanjang musim 2019/20, Osimhen mencatatkan 18 gol dari 38 kesempatannya tampil. Hal yang memicu Napoli segera mengamankan jasa pemain 21 tahun ini dengan harga mahal 70 juta euro.

Gaya permainan Osimhen sebagai ujung tombak bahkan membuatnya disebut-sebut sebagai salah satu bintang Afrika dulu Didier Drogba. Kini Osimhen menjadi salah satu pemain muda dengan prospek cerah dengan nilai pasar mencapai 50 juta euro.

3 dari 5

3. Kalidou Koulibaly (65 juta euro)

3. Kalidou Koulibaly (65 juta euro)
Defender Napoli Kalidou Koulibaly berduel udara dengan bek Liverpool, Virgil Van Dijk. © AP Photo

Sudah tidak perlu diragukan lagi, Koulibaly merupakan salah satu bek paling diminati dalam beberapa musim ke belakang. Kapten dari timnas Senegal ini mulai mencuat sejak membela Napoli.

Total dia telah memainkan 188 laga bersama Napoli, dan merupakan jantung pertahanan yang tidak tergantikan di dalam tim. Di Serie A buktinya Kolibaly sempat merasakan empat musim berturut-turut masuk sebagai tim terbaik Serie A.

Koulibaly pun selalu dikaitkan dengan kepindahan ke klub-klub besar lainnya macam Liverpool, Manchester United dan Manchester City. Kini Koulibaly memiliki nilai pasar yang mencapai 65 juta euro.

4 dari 5

2. Sadio Mane (120 juta euro)

2. Sadio Mane (120 juta euro)
Sadio Mane melepaskan tembakan ke gawang Arsenal yang berbuah menjadi gol buat Liverpool di laga lanjutan Premier League, Selasa (29/8/2020). © AP Photo

Liverpool selama tiga musim ke belakang meledak menjadi tim yang menakutkan. Hal yang paling berpengaruh tentu lini depannya yang begitu padu dan salah satunya adalah Sadio Mane. Selama tiga musim ke belakang Sadio Mane selalu mencetak 20 gol atau lebih di semua kompetisi bersama Liverpool.

Bersama rekannya, Firmino dan Mohamed Salah, Mane mencuat sebagai salah satu trio mematikan. Sadio Mane memiliki pergerakan yang mematikan dipadukan dengan kecepatan dan akurasi tembakannya yang membuatnya menjadi winger terbaik yang dimiliki Liverpool.

Berkat performa impresifnya tersebut, Sadio Mane menjadi salah satu pesepak bola dunia yang memiliki nilai pasar tinggi seharga 120 juta euro.

5 dari 5

1. Mohamed Salah (120 juta euro)

1. Mohamed Salah (120 juta euro)
Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, mencetak satu gol saat timnya menang 2-1 atas West Ham di pekan ketujuh Premier League 2020/2021 © AP Photo

Satu lagi winger asal Afrika yang dimiliki Liverpool adalah Mohamed Salah. Sejak awal kedatangannya Mohamed Salah menjadi pujaan publik Anfield berkat kegigihannya dalam mencetak gol.

Menjadi bukti nyata bahwa Mohamed Salah merupakan pemain dengan insting gol yang mematikan ketika dirinya berhasil masuk ke jajaran pencetak 100 gol tercepat untuk Liverpool. Catatan Mohamed Salah bahkan melewatin legenda klub, Robbie Fowler yang mencetak gol ke-100nya di laga ke-165, sedangkan Salah hanya 159 laga.

Mohamed Salah di setiap musimnya pun selalu bersaing di papan top skor Premier League dan telah meraih dua gelar top skorer berhasil diraihnya. Kini Mohamed Salah bersama dengan Sadio Mane menjadi pemain Afrika dengan nilai tertinggi yaitu 120 juta euro.

Sumber: Transfermarkt

(Bola.net/Muhamad Raka Saputra)