FOLLOW US:


10 Penjaga Gawang Terbaik Dunia Saat Ini (Bagian 2)

09-10-2020 17:42

 | Serafin Unus Pasi

10 Penjaga Gawang Terbaik Dunia Saat Ini (Bagian 2)
Manuel Neuer saat melawan Korea Selatan. © AP Photo

Bola.net - Di era sepak bola modern, peran penjaga gawang tidak bisa dianggap remeh. Tidak hanya menjadi pelengkap saja, tetapi para palang pintu terakhir itu menjadi pemain penting yang bisa menentukan nasib timnya.

Di awal-awal tahun sepak bola, kiper hanya dibutuhkan untuk menyelamatkan tembakan ke gawang. Namun, strategi sepak bola modern sekarang membuat peran kiper bertambah menjadi pemain yang dapat berkontribusi dalam skema penyerangan.

Maka tak heran apabila, kita sering kali melihat kiper bisa membantu serangan ketika tendangan bebas atau sepak pojok. Bahkan tak jarang juga, para kiper tersebut bisa mencetak gol ke gawang lawan.

Berkat performa impresifnya itu, ada beberapa kiper yang menyandang sebagai kiper terbaik di dunia. Lantas, siapa saja mereka?

Simak selengkapnya di bawah ini ya Bolaneters.

1 dari 5

5. David Soria (Getafe)

Pasca hengkang dari Sevilla dan bergabung dengan Getafe pada tahun 2018, David Soria selalu menjadi andalan di bawah mistar gawang Azulones. Puncaknya musim lalu, ketika Soria mencatatkan 17 kali clean sheet dari 42 pertandingannya di semua kompetisi.

Tak hanya itu saja, ia juga telah melakukan 34 kali penyelamatan yang luar biasa sepanjang musim 2019/2020 lalu. Maka tak heran, apabila kiper berusia 27 tahun tersebut layak berada di posisi kelima kiper terbaik di dunia.

2 dari 5

4. Alisson (Liverpool)

4. Alisson (Liverpool)
Alisson Becker © AP Photo

Selain peran Van Dijk yang begitu penting, ternyata keperkasaan Alisson di bawah mistar gawang The Reds pun turut menjaga ketenangan di lini belakang Liverpool.

Sejak mendaratkan kaki di Anfield, Alisson membawa dampak instan bagi perkembangan Liverpool. Kiper asal Brasil itu berhasil membawa Liverpool menjuarai Liga Champions dan Premier League.

3 dari 5

3. Thibaut Courtois (Real Madrid)

3. Thibaut Courtois (Real Madrid)
Kiper Real Madrid Thibaut Courtois. © AP Photo

Kiper asal Belgia, Thibaut Courtois awalnya tidak mendapat sambutan yang baik dari penggemar Real Madrid. Namun, ia dapat mencuri hati para fans dengan penampilan apiknya di bawah mistar gawang.

Gelar La Liga 2019/2020 menjadi pembuktian bahwa dirinya memang layak menjadi pilihan utama Zinedine Zidane. Kegemilangannya pun terus berlanjut pada musim 2020/2021, sejauh ini Courtois sudah mencatatkan tiga kali clean sheet dari empat laga di La Liga.

4 dari 5

2. Jan Oblak (Atletico Madrid)

2. Jan Oblak (Atletico Madrid)
Jan Oblak © AP Photo

Jan Oblak adalah salah satu pemain penting bagi Atletico Madrid. Performanya yang konsisten di bawah mistar gawang membuat dirinya layak menempati posisi kedua sebagai kiper terbaik di dunia.

Walaupun Oblak belum menghadirkan trofi yang banyak untuk Atletico, tetapi kiper asal Slovenia itu berhasil menjadi peran yang penting sebagai palang pintu terakhir Los Colchoneros. Tercatat, selama membela Atletico, Oblak sudah mencatatkan 141 clean sheet dari 260 pertandingannya.

5 dari 5

1. Manuel Neuer (Bayern Munchen)

1. Manuel Neuer (Bayern Munchen)
Manuel Neuer © AP Photo

Manuel Neuer menjadi yang teratas sebagai kiper terbaik di dunia. Pasalnya, selama berkarir sebagai pesepak bola profesional, ia sudah banyak meraih gelar di level klub maupun tim nasional.

Puncaknya, ketika Neuer berhasil membawa Bayern Munchen meraih treble winner musim lalu dan beberapa gelar lainnya di musim 2020/2021. Tak hanya itu, Neuer juga menjadi satu-satunya kiper yang mempunyai catatan clean sheet di partai final Piala Dunia dan Liga Champions.

Sumber: Squawka, Transfermarkt

(Bola.net/Hendra Wijaya)