FOLLOW US:


35 Tahun Cristiano Ronaldo: Ini Sederet Rekor Gol Fantastis Bersama 4 Klub

06-02-2020 10:20

 | Richard Andreas

35 Tahun Cristiano Ronaldo: Ini Sederet Rekor Gol Fantastis Bersama 4 Klub
Selebrasi gol Cristiano Ronaldo © AP Photo

Bola.net - Cristiano Ronaldo menginjak usia 35 tahun pada 5 Februari 2020 kemarin. Meski tidak lagi muda, megabintang Juventus ini masih bisa bermain di level tinggi dan terus mencetak gol.

Ronaldo akan selalu diingat sebagai salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa. Dedikasinya begitu tinggi. Dia adalah contoh untuk banyak pemain muda yang ingin mencapai level tinggi.

Kapten Timnas Portugal ini tentu tidak ujug-ujug jadi pemain top. Ada proses berat yang harus dilalui. Ronaldo berangkat dari keluarga miskin, hanya kerja keras yang bisa membuatnya mencapai level sekarang.

Karier profesional Ronaldo dimulai pada tahun 2002, ketika dia mencuri perhatian bersama Sporting Lisbon. Sejak saat itu, dia bertualang bersama Manchester United, Real Madrid, hingga sekarang Juventus.

Dikutip dari FourFourTwo, berikut rekor dan statistik luar biasa sepanjang karier CR7:

1 dari 4

2002/03: Sporting Lisbon - 31 Penampilan, 5 Gol

Ronaldo muda mencetak dua gol pada laga debutnya di Primera Liga, kontra Moreirense pada Oktober 2002, ketika masih berusia 17 tahun.

Bulan berikutnya, dia bertemu dengan Arsene Wenger di tempat latihan Arsenal, tapi transfer ini gagal. Siapa yang tahu bagaimana perjalanan karier Ronaldo seandainya jadi gabung The Gunners?

2 dari 4

2003/04-2008/09: Manchester United - 292 Penampilan, 118 Gol

Cristiano Ronaldo di Manchester United, Desember 2006 (c) AFP
Cristiano Ronaldo di Manchester United, Desember 2006 (c) AFP

Ronaldo akan selalu dikenang sebagai legenda Manchester Unite. Sampai sekarang pun dia masih memanggil Sir Alex Ferguson dengan sebutan 'bos', salah satu pelatih yang paling berpengaruh dalam kariernya.

MU mendapatkan Ronaldo hanya dengan 12,24 juta poundsterling pada tahun 2003, jelas sangat murah. Dia membantu MU meraih 3 trofi Premier League dan jadi pemain MU pertama yang meraih Ballon d'Or sejak George Best pada tahun 1968 silam.

3 dari 4

2009/10-2017/18: Real Madrid - 438 Penampilan, 450 Gol

Cristiano Ronaldo (c) AFP
Cristiano Ronaldo (c) AFP

MU boleh mengklaim Ronaldo sebagai legenda mereka, tapi Real Madrid juga sangat berhak. Torehan 450 gol pada jumlah pertandingan yang lebih sedikit sudah jadi alasan kuat.

Ronaldo mencapai puncak level permainannya bersama Los Blancos. Di sana dia menemukan tantangan yang berbeda untuk jadi pemain terbaik di dunia, bersaing langsung dengan Lionel Messi.

Di sinilah evolusi permainan Ronaldo tejadi. Dia datang sebagai winger, pergi sebagai striker.

4 dari 4

2018/19 - 2019/20: Juventus - 70 Penampilan, 50 Gol

Selebrasi gol Cristiano Ronaldo (c) AP Photo
Selebrasi gol Cristiano Ronaldo (c) AP Photo

Banyak yang meragukan keputusan Ronaldo pindah ke Juventus. Dia menyebut Juve sebagai tantangan, tapi tanpa Ronaldo pun Juve sudah sangat kuat. Juga, Ronaldo tiba di usia 33 tahun, jelas tidak muda.

Keraguan itu sirna dengan catatan 50 gol yang baru dia torehkan. Musim ini Ronaldo sudah menemukan ritme terbaik di Serie A, dia siap menyabet gelar pencetak gol terbanyak.

Jika terus seperti ini, kira-kira sampai kapan Ronaldo terus bermain?

Sumber: FourFourTwo