FOLLOW US:


Ballon d'Or, Mbappe Pilih Messi Ketimbang Van Dijk

25-11-2019 06:24

 | Dimas Ardi Prasetya

Ballon d'Or, Mbappe Pilih Messi Ketimbang Van Dijk
Selebrasi Lionel Messi setelah mencetak gol ke gawang Celta Vigo © AP Photo

Bola.net - Penyerang PSG Kylian Mbappe menjagokan Lionel Messi dan bukan Virgil Van Dijk untuk memenangkan trofi Ballon d'Or 2019.

Ada 30 nama yang masuk dalam kandidat pemenang Ballon d'Or tahun ini. Mbappe dan Messi termasuk di dalamnya.

Messi sendiri kerap dijagokan untuk memenangkan penghargaan tersebut. Namun superstar Barcelona ini harus bersaing ketat bek Liverpool, Van Dijk.

Van Dijk dijagokan berkat prestasinya yang apik bersama Liverpool dan Timnas Belanda. Ia membantu The Reds jadi juara Liga Champions dan mengantarkan skuat Oranje menembus final UEFA Nations League.

1 dari 2

Alasan Pilih Messi

Lionel Messi sudah memenangi penghargaan Ballon d'Or sebanyak lima kali. Ia memenanginya pada edisi tahun 2009, 2010, 2011, 2012, dan 2015.

Mbappe kemudian ditanya siapa pemain yang layak untuk memenangi penghargaan bergengsi tersebut. Tanpa ragu ia menyebut nama Messi.

"Dalam hal skill individu, ia yang terbaik pada tahun ini," tutur Mbappe pada Der Spiegel.

Lionel Messi sendiri musim lalu membawa Barcelona menjadi juara La Liga. Sepanjang musim, ia mencetak 51 gol di semua ajang kompetisi.

2 dari 2

Ragukan Diri Sendiri

Tetapi meskipun juga termasuk di antara 30 nominasi untuk Ballon dʻOr yang akan datang, pemain berusia 20 tahun itu justru sempat mempertanyakan kemampuannya sendiri. Namun ia akhirnya bisa meyakinkan dirinya sendiri bahwa tidak ada waktu untuk merenungkan kesalahan dalam sepak bola.

“Kadang-kadang saya khawatir, saya takut, jika Anda gagal sebagai pemain, Anda ragu, dan ketika Anda kalah dalam pertandingan besar, pertanyaannya adalah, apakah ini akhirnya? Itu bagus, tapi sekarang sudah berakhir!"

"Tapi itu tidak akan bertahan lama, karena hal baiknya tentang sepak bola adalah Anda tidak punya banyak waktu untuk berpikir," tandas Mbappe.

Selain Lionel Messi dan Virgil Van Dijk, superstar Juventus yakni Cristiano Ronaldo juga masuk nominasi untuk memenangkan trofi Ballon d'Or 2019.

(der spiegel)